DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PELESTARIAN KESEIMBANGAN ALAM MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING, MIND MAPPING DAN TEAM GAME TOURNAMENT PADA KELAS IV A SDN-SN KARANG MEKAR 1 BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | KISWATI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-11-11 |
ABSTRAK
Kiswati, |
2019. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pelestarian Keseimbangan Alam Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Quantum Teaching, Mind Mapping dan Team Game Tournament pada Kelas IV A SDN-SN Karang Mekar 1 Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dra.Hj. Ike Hananik,M.Pd
|
Kata Kunci: Hasil Belajar, Pelestarian Keseimbangan Alam, Quantum Teaching,
Mind Mapping dan Team Game Tournament.
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di kelas Kelas IVA SDN-SN Karang Mekar 1 Banjarmasin yang disebabkan oleh siswa yang kurang dapat berfikir dan menyelesaikan masalah sendiri, pembelajran yang masih satu arah dan berpusat pada guru sehingga suasana belajar kurang menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa pada materi Pelestarian Keseimbangan Alam Melalui Kombinasi Model Quantum Teaching, Mind Mapping dan Team Game Tournament.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Serta data kuantitatif yang diperoleh melalui teknik pengukuran hasil belajar berupa tes tertulis siswa. Aktivitas guru dikatakan berhasil jika terlaksana dengan kriteria “Sangat Baik” dan aktivitas siswa mencapai kriteria “Sangat Aktif”. Hasil belajar siswa tuntas apabila mencapai nilai ≥70 atau secara klasikal ≥80% siswa mendapat nilai ≥70.
Hasil penelitian menujukkan bahwa aktivitas guru sudah terlaksana dengan kriteria “ Sangat Baik” pada pertemuan 4. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan kriteria “Sangat Aktif” pada pertemuan 4. Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai ketuntasan klasikal 71 %, pada pertemuan 2 mencapai ketuntasan 86%, pada pertemuan 3 mencapai ketuntasan 89%, kemudian meningkat menjadi 100% pada pertemuan 4.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, serta hasil belajar meningkat dan mencapai ketuntasan secara individu maupun klasikal menggunakan Kombinasi Model Quantum Teaching, Mind Mapping dan Team Game Tournament pada materi Pelestarian Keseimbangan Alam. Hasil penelitian ini dapat disarankan sebagai alternatif pemilihan dan penggunaan model pembelajaran untuk muatan IPA materi Pelestarian Keseimbangan Alam kelas IV.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI