DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PELESTARIAN KESEIMBANGAN ALAM MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING, MIND MAPPING DAN TEAM GAME TOURNAMENT PADA KELAS IV A SDN-SN KARANG MEKAR 1 BANJARMASIN
PENGARANG:KISWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-11


ABSTRAK

Kiswati,

2019. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pelestarian Keseimbangan Alam Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Quantum Teaching, Mind Mapping dan Team Game Tournament pada Kelas IV A SDN-SN Karang Mekar 1 Banjarmasin. Skripsi  Program  S1  Pendidikan  Guru  Sekolah  Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dra.Hj. Ike Hananik,M.Pd

 

Kata  Kunci: Hasil Belajar, Pelestarian Keseimbangan Alam,  Quantum Teaching,

                    Mind Mapping dan Team Game Tournament.

 

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di  kelas  Kelas IVA SDN-SN Karang Mekar 1 Banjarmasin yang disebabkan  oleh  siswa yang kurang dapat berfikir dan menyelesaikan masalah sendiri, pembelajran yang masih satu arah dan berpusat pada guru sehingga suasana belajar kurang menyenangkan. Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mendeskripsikan aktivitas  guru,  aktivitas  siswa,  dan  peningkatan  hasil  belajar  siswa  pada  materi Pelestarian Keseimbangan Alam  Melalui Kombinasi Model Quantum Teaching, Mind Mapping dan Team Game Tournament.

Penelitian  ini  menggunakan  pendekatan  kualitatif  dengan  jenis  Penelitian  Tindakan  Kelas  (PTK).  Teknik analisis data yang  digunakan  adalah  analisis  data  kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Serta data kuantitatif yang diperoleh  melalui  teknik  pengukuran  hasil  belajar  berupa  tes  tertulis  siswa. Aktivitas  guru  dikatakan  berhasil  jika  terlaksana dengan  kriteria  “Sangat  Baik”  dan aktivitas siswa mencapai kriteria “Sangat  Aktif”. Hasil  belajar siswa tuntas apabila mencapai nilai ≥70 atau secara klasikal ≥80% siswa mendapat nilai ≥70.

Hasil  penelitian  menujukkan bahwa aktivitas guru sudah terlaksana dengan kriteria  “ Sangat Baik”  pada pertemuan 4.  Aktivitas  siswa  mengalami  peningkatan  dengan kriteria  “Sangat Aktif”  pada pertemuan 4. Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai ketuntasan klasikal  71 %, pada pertemuan 2 mencapai ketuntasan  86%, pada pertemuan 3 mencapai ketuntasan 89%, kemudian meningkat menjadi 100% pada pertemuan 4.

Berdasarkan  hasil  penelitian  disimpulkan  bahwa  aktivitas  guru  terlaksana dengan sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, serta  hasil belajar  meningkat dan mencapai  ketuntasan  secara  individu  maupun  klasikal  menggunakan Kombinasi Model Quantum Teaching, Mind Mapping dan Team Game Tournament pada materi Pelestarian Keseimbangan Alam. Hasil  penelitian  ini  dapat disarankan  sebagai  alternatif  pemilihan  dan  penggunaan  model  pembelajaran  untuk muatan IPA materi Pelestarian Keseimbangan Alam  kelas IV.


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI