DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA MEMINDAI MUATAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE READING AND COMPOSITION (CIRC) DIKOMBINASIKAN DENGAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN ROLE PLAYING SISWA KELAS 4 SDN ANDAMAN KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:RAMDANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-11


Ramdani , 2019. “Meningkatkan Keterampilan Membaca Memindai Muatan Bahasa Indonesia Tema Daerah Tempat Tinggalku Mengunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Dikombinasikan Dengan Numbered Heads Together (NHT) dan Role Playing Pada Siswa Kelas 4 SDN Andaman Kabupaten Barito Kuala” Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Mahmuddin, M.Pd. Kata kunci: Membaca Memindai, Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Dikombinasikan Dengan Numbered Heads Together (NHT) dan Role Playing. Rendahnya kemampuan siswa dalam membaca Memindai pada teks cerita fiksi di SDN Andaman Barito Kuala disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya pembelajaran yang cenderung satu arah dengan model yang kurang bervariasi, pembelajaran yang kurang menekankan praktik langsung mengakibatkan banyak siswa yang kurang bisa menguasai teknik-teknik dalam menggali informasi pada suatu teks bacaan, dan pembelajaran yang kurang menyajikan kegiatan yang menarik. Untuk memperbaiki proses pembelajaran tersebut dengan menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Dikombinasikan Dengan Numbered Heads Together (NHT) dan Role Playing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar siswa pada tema Daerah Tempat Tinggalku di SDN Andaman Barito Kuala. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 mencapai skor 19 dengan kategori baik, siklus I pertemuan 2 menjadi 21 dengan kategori baik, siklus II pertemuan 1 mencapai skor 24 dengan kategori sangat baik, siklus II pertemuan 2 menjadi 26 dengan kategori sangat baik. Untuk aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 memperoleh 58,3% dengan kriteria cukup aktif dan ada meningkat pada siklus I pertemuan 2 menjadi 66,7% dengan kriteria aktif dan pada siklus II pertemuan 1 memperoleh 83,3% dengan kriteria sangat aktif dan meningkat pada siklus II pertemuan 2 menjadi 91,7% dengan kriteria sangat aktif. Untuk ketuntasan hasil belajar siklus I pertemuan 1 yaitu 41,66% meningkat menjadi 66,66% pada siklus I pertemuan ke 2, siklus II pertemuan 1 mencapai 83,33%, lalu siklus II pertemuan 2 mencapai 91,66%. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Dikombinasikan Dengan Numbered Heads Together (NHT) dan Role Playing. dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di Kelas 4 SDN Andaman Barito Kuala.
Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI