DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA TEMA BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE), STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN COURSE REVIEW HORAY DI KELAS V SDN SN SURGI MUFTI 1 BANJARMASIN
PENGARANG:RIMA ELLIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-11


ABSTRAK
Elliana, Rima. 2019. “Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pada Tema Benda-Benda di Sekitar Kita Dengan Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE), Student Teams Achievement Division (STAD) Dan Course Review Horay di Kelas V SDN SN Surgi Mufti 1 Banjarmasin”. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Drs. H. Kaspul, M.Si
Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Tema Benda-Benda di Sekitar Kita, Student Facilitator And Explaining (SFAE), Student Teams Achievement Division (STAD) Dan Course Review Horay.
Permasalahan yang terjadi dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa karena kurangnya proses pembelajaran yang memberikan pengalaman nyata dan tidak disertai dengan pengalaman yang konkrit. Sehingga menyebabkan kurang efektifnya proses pembelajaran, dan kurang menarik perhatian siswa. Oleh karena itu, dilakukan inovasi dalam proses pembelajaran menggunakan model Student Facilitator And Explaining (SFAE), Student Teams Achievement Division (STAD) Dan Course Review Horay pada siswa kelas V SDN SN Surgi Mufti 1 Banjarmasin. Dengan tujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA tema Benda-Benda di Sekitar Kita pada siswa kelas V SDN SN Surgi Mufti 1 Banjarmasin.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari satu kali pertemuan, Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN SN Surgi Mufti 1 Banjarmasin dengan jumlah 21 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan lembar tes tertulis yang dilakukan setiap akhir pertemuan untuk mencapai indikator ketuntasan minimal 80% siswa mendapat skor ≥70.
Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 mendapatkan skor 27 dan pada siklus II pertemuan 1 mendapatkan skor 43. Kemudian aktivitas siswa mengalami peningkatan dari 52% di siklus I pertemuan 1 meningkat menjadi 100% pada siklus II pertemuan 1. Sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 57% di siklus I pertemuan 1 meningkat menjadi 90% pada siklus II Pertemuan 1.
Dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Student Facilitator And Explaining (SFAE), Student Teams Achievement Division (STAD) dan Course Review Horay dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah, dan peneliti lain agar dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam menentukan model mengajar yang baik serta untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI