DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KERJA SAMA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DIKOMBINASI DENGAN TALKING STICK DENGAN MEDIA GAMBAR DI KELAS III SDN PERCONTOHAN SURGI MUFTI 5 BANJARMASIN
PENGARANG:PENTA ROBBY AKHIRUDDIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-11


ABSTRAK

Akhiruddin, Penta Robby. 2019. “Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Kerja Sama dengan Menggunakan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) Dikombinasi dengan Talking Stick dengan Media Gambar di Kelas 3 SDN Percontohan Surgi Mufti 5 Banjarmasin”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. H. Mahlan Asmar,  M.Pd.

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Student Teams Achievement Divisions (STAD), Talking Stick, media gambar.

Permasalahan yang ada pada pembelajaran IPS materi Kerja Sama kelas III SDN Percontohan Surgi Mufti 5 Banjarmasin adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penyebabnya karena siswa yang kurang aktif dan cenderung pasif dalam mengikuti pembelajaran, komunikasi yang hanya terjadi satu arah dan kurangnya motivasi, serta metode pembelajaran yang digunakan kurang tepat. Berdasarkan kondisi tersebut maka dilaksanakan penelitian tindakan kelas menggunakan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) Dikombinasi dengan Talking Stick dengan Media Gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar pada siswa kelas III SDN Percontohan Surgi Mufti 5 Banjarmasin.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas III SDN Percontohan Surgi Mufti 5 Banjarmasin dengan jumlah 35 orang siswa. Jenis data pada penelitian ini adalah data kualitatif yaitu diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa saat pembelajaran dan data kuantitatif diperoleh dari hasil belajar siswa melalui tes.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar mengalami peningkatan. Pada pertemuan 1 aktivitas guru mendapat skor 20, dan meningkat pada pertemuan 3 menjadi 26 dengan kriteria “sangat baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 dari 34,3% meningkat pada pertemuan 3 menjadi 100% dengan kriteria “sangat aktif”. Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 ketuntasan klasikalnya hanya 60% dan meningkat pada pertemuan 3 menjadi 94,3%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dikombinasi dengan Talking Stick dengan media gambar pada materi kerjasama aktivitas guru mengalami perbaikan sesuai langkah-langkah pada model, serta meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini dapat disarankan kepada guru agar menggunakan kedua model ini dalam proses pembelajaran di kelas sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan hasil belajar meningkat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI