DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Efektivitas dan Kontribusi Penerimaan Pajak Daerah Sebagai Sumber Pendapatan Asli Daerah Kota Banjarmasin Tahun 2014-2018
PENGARANG:NOR DEVI HANDRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-11


ABSTRAKSI

 

Nor Devi Handriani (2019). Analisis Efektivitas dan Kontribusi Penerimaan Pajak Daerah Sebagai Sumber Pendapatan Asli Daerah Kota Banjarmasin Tahun 2014-2018.

Promotor: Dra. Sustinah Limarjani, SH, MM, Ak, CA

 

            Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dan kontribusi penerimaan Pajak Daerah sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah di Kota Banjarmasin. Hal ini merupakan konsekuensi pemerintah daerah menjalankan  otonomi daerah serta desentralisasi.

 

Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Tempat penelitiannya di Badan Keuangan Daerah Kota Banjarmasin.  Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi dan wawancara. Data yang digunakan adalah target pajak daerah, realisasi pajak daerah, pendapatan asli daerah. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis efektivitas dan analisis kontribusi.

 

Hasil dari analisis ini menunjukkan bahwa tahun 2018 memiliki efektivitas pajak daerah paling tertinggi (106,78%), dan tahun 2015 memiliki efektivitas pajak daerah paling terendah (91,18%). Serta untuk kontribusi tahun 2018 memiliki kontribusi pajak daerah yang terbesar (68,39%) dan tahun 2017 memiliki kontribusi pajak daerah yang terkecil (56,24%).

             

Kata Kunci: Efektivitas, Kontribusi, Pajak Daerah, Pendapatan Asli Daerah.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI