DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU MUATAN IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI), NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT), DAN WORD SQUARE PADA SISWA KELAS IV SDN KELAYAN SELATAN 10 BANJARMASIN
PENGARANG:MARIA ULFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-11


ABSTRAK

Maria Ulfah, 2019. Meningkatkan Hasil Belajar siswa Tema Daerah Tempat Tinggalku Muatan IPS materi kegiatan ekonomi Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran GroupInvestigation(GI), Numbered Heads Together (NHT), dan word square pada Siswa Kelas IV SDN Kelayan Selatan 10 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Asniwati, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: Hasil Siswa, Model Group Investigation dikombinasi dengan Numbered Heads Together dan Word Square.

                                                                              

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Pembelajaran satu arah, pembelajaran tidak melatih siswa untuk saling bekerjasama. Kurangnya antusias siswa. sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Kelayan Selatan 10 Banjarmasin pelajaran IPS. Salah satu upaya meningkatkan Aktivitas siswa yaitu melalui model Group Investigation dikombinasi dengan Numbered Heads Together dan Word Square pada penelitian tindakan kelas di SDN Kelayan Selatan 10. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa dan untuk menganalisis hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Kelayan Selatan 10 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa sebanyak 19 siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik analisis berupa analisis data kualitatis yang instrument penelitiannya menggunakan lembar observasi aktivitas guru, dan siswa. Data kuantitatif didapat melalui pengukuran tes tertulis keberhasilan dalam penelitian ini dapat dilihat dari tercapainya indicator ketuntasan yang telah ditetapkan

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas guru yang semula mencapai kriteria “baik” pada pertemuan I menjadi kriteria “sangat baik” pada pertemuan IV. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari 47% pada kategori “cukup aktif” pada pertemuan I menjadi 95% pada kategori “sangat aktif”, pada pertemuan IV. Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai ketuntasan klasikal 53% kemudian meningkat menjadi 100% pada pertemuan 4

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kombinasi model pembelajaran Group Investigation dikombinasi model Numbered Heads Together dan Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema Daerah tempat Tinggalku Muatan IPS materi Kegiatan ekonomi dikelas IV SDN Kelayan selatan 10 Banjarmasin dan hipotesis dapat diterima. sehingga dapat disarankan dengan menggunakan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternative dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang khususnya pada tema daerah tempat Tinggalku.

 


ABSTRACT

Maria Ulfah, 2019. Improving Student Learning Activities Theme of the Area Where I Live Social studies material for economic activities Using a Combined Group Investigation (GI) Learning Model, Numbered Heads Together (NHT), and word square in Class IV Students of SDN Kelayan Selatan 10 Banjarmasin. Thesis Elementary School Teacher Education Program. Faculty of Teacher Training and Education. Lambung Mangkurat University Banjarmasin. Supervisor Dr. Hj. Asniwati, S.Pd., M.Pd.

Keywords: Student Activities, Model Group Investigation combined with Numbered Heads Together and Word Square.

            The problem in this study is the Low Student Learning Activities. One-way learning, learning does not train students to cooperate with each other. Lack of student enthusiasm. resulting in low student learning outcomes in class IV SDN Kelayan Selatan 10 Banjarmasin social studies lessons. One effort to improve student activity is through the Group Investigation model combined with Numbered Heads Together and Word Square in classroom action research at SDN Kelayan Selatan 10. The purpose of this study is to describe teacher activities, analyze student activities and to analyze student learning outcomes.

            This study uses qualitative and quantitative research approaches with Classroom Action Research (CAR), which is carried out with four meetings. The research subjects were fourth grade students in the even semester of SDN Kelayan Selatan 10 Banjarmasin in the 2018/2019 academic year, with a total of 19 students consisting of 9 male students and 10 female students. The data collection technique uses the observation of teacher activities and student activities, while for student learning outcomes using written tests at the end of learning. Indicators of success of teacher activities are said to be successful when achieving a score of ≥26 with the criteria of "very good", Student activity classically reaches ≥82% of students are on active and very active criteria, and student learning outcomes are considered complete when the completeness of individual students reaches a value of ≥70 and classical completeness reaches ≥80% of students get a grade of ≥70

            The results of this study indicate that there was an increase in teacher activity that initially reached the "good" criteria at the first meeting to the "very good" criteria at the fourth meeting. Student activity has increased from 47% in the "quite active" category at meeting I to 95% in the "very active" category, at meeting IV. Student learning outcomes at meeting 1 reached 53% classical completeness then increased to 100% at meeting 4

Based on the results of the study it can be concluded that the combination of the Group Investigation learning model combined with the Numbered Heads Together and Word Square models can increase the activities and student learning outcomes in the theme of the area where the contents of the social studies are in class IV SDN Kelayan Selatan 10 Banjarmasin and hypothesis can be accepted. so that it can be suggested using this model can be used as an alternative in improving student learning activities and outcomes, especially in the theme of the area of ??my stay.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI