DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku dengan Muatan PPKn Memggunakan Kombinasi Model Group Investigation (GI), Snowball Throwing dan Mind Mapping di Kelas IV SDN 2 Sungai Ulin Banjarbaru
PENGARANG:JANATUL ADAUWIA ARISTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-11


Kata kunci : Hasil Belajar, Muatan PPKn Tema Keberagaman Daerah Tempat Tinggalku Menggunakan KombinasiModel Group Investigation(GI), Snowball Throwingdan Mind Mapping

 

Permasalahan peneiliti ialah rendahnya hasil belajar yang didapatkan siswa dalam proses pembelajaran, rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh beberapa hal, yaitu pembelajaran yang dilaksanakan hanya bersifat satu arah, bersifat hafalansehingga kurangnya partisipasi selama pembelajaran berlangsungsuasana cenderung pasif. Oleh karena itu perlu diadakan inovasi pembelajaran menggunakan kombinasi model pembelajaran Group Investigation(GI), Snowball Throwing dan Mind Mapping dengan tujuan mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar pada tema daerah tempat tinggalku materi keberagaman di kelas IV SDN 2 Sungai Ulin Banjarbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Seting penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN 2 Sungai Ulin Banjarbaru tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa sebanyak 18 siswa terdiri dari 9 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Teknik analisis yang digunakan adalalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan sisiwa. Data kualitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengantes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan mengguanakan model Group Investigation (GI), Snowball Throwing dan Mind Mapping dapat meningkatkan kualitas guru dari pertemuan 1 dengan kategori baik menjadi sangat baik pada pertemuan 3. Aktivitas sisiwa pertemuan 1 berdasarkan klasikal dengan kategori cukup aktif menjadi sangat aktif pada pertemuan 3. Adapun pada hasil belajar siswa pada pertemuan 1 terdapat 10 siswa yang tuntas meningjkat menjadi 18 sisiwa yang tuntas pada pertemuan 3. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Group Investigation (GI), Snowball Throwing danMind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa Muatan PPKn Tema Daerah Tempat Tinggalku.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI