DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI DI SMA NEGERI 2 MARTAPURA KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:JUMBRI EPENDI
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-01-12


Kata Kunci: Studi Implementasi, Inklusi.
Tujuan penelitian ini adalah: 1).Memperoleh informasi tentang
perencanaan program pendidikan inklusi di sekolah SMA N 2 Martapura.
2).Memperoleh informasi tentang proses studi implementasi program pendidikan
inklusi di sekolah SMA N 2 Martapura. 3).Memperoleh informasi tentang
evaluasi pendidikan inklusi di sekolah SMA N 2 Martapura.
Jenis penelitian tentang studi implementasi pendidikan inklusi di Sekolah
SMA N 2 Martapura merupakan penelitian deskriptif analitik yaitu jenis
penelitian yang memaparkan apa adanya tentang Studi implementasi pendidikan
inklusi di Sekolah SMA N 2 Martapura
Subjek dalam penelitian ini ialah 4 orang guru Sekolah SMA N 2
Martapura. Penetapan kriteria ini didasarkan beberapa kriteria sebagai berikut:
1).Kepala sekolah SMA N 2 Martapura sebagai pemegang kendali seluruh
kegiatan yang ada di sekolah SMA N 2 Martapura. 2).Koordinator inklusi SMA
N 2 Martapura yang mengkoordinir jalannya pendidikan inklusi di SMA N 2
Martapura.3).Guru BP SMA N 2 Martapura, guru yang mendampingi siswa
berkebutuhan khusus di SMA N 2 Martapura
Hasil penelitian diketahui: 1).Perencanaan yang dilakukan oleh SMA N
2 Martapura adalah dengan membuat program kerja guru pendamping khusus
yang berisi kegiatan-kegiatan siswa selama satu tahun, kegiatan kegiatan tersebut
meliputi pertemuan rutin orang GPK dan sekolah. 2).Proses penerapan di SMA N
2 Martapura di bagi menjadi tiga aspek yaitu tenaga pendidik kependidikan,
kurikulum dan sarana prasarana. Tenaga pendidik kependidikan di SMA N 2
Martapura hanya mempunyai lima belas shadow pribadi, dua orang GPK satu
GPK sekolah dan satunya lagi merupakan guru kunjung yang hanya datang
dua kali seminggu, sekolah belum berkerja sama dengan psikolog, dokter ataupun
terapis. Kurikulum yang digunakan untuk anak berkebutuhan khusus dan anak
reguler disamakan yaitu menggunakan kurikulum 2013. Sekolah tidak menyusun
silabus, RPP dan PPI khusus untuk masing-masing anak berkebutuhan
khusus. Sekolah melakukan pembelajaran menggunakan model pull out untuk
siswa yang mengalami kesulitan.. 3).Evaluasi dilakukan setiap enam bulan
sekali pada akhir semester sebelum pembagian raport, evalusi dilakukan untuk
menemkan kelebihan dan kekurangan program.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI