DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MATERI VOLUME BANGUN RUANG MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DIKOMBINASIKAN DENGAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN ALAT PERAGA SATUAN KUBUS PADA KELAS V SDI AL - MUNAWARAH BANJARMASIN
PENGARANG:TIARA NOORYASMIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-11


ABSTRAK

Nooyasmin, Tiara. 2019. “Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Materi Volume Bangun Ruang Menggunakan Model Student Teams Achievement Division (STAD) Dikombinasikan Dengan Number Head Together (NHT) dan Alat Peraga Satuan Kubus pada Kelas V SDI  Al - Munawarah Banjarmasin”. Skripsi Program Pendidikan Guru Pra Sekolah dan Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. DosenPembimbing: Drs. Sutiyarso, S. Pd, M. Pd.

 

Kata Kunci: Volume Bangun Ruang, STAD,NHT, Alat Peraga Kubus Satuan

 

Permasalahan dalam penelitian ialah kurangnya partisipasi aktif siswa dan hasil belajar. Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih bersifat satu arah, model pembelajaran membosankan, tidak ada media pembelajaran, siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar yang diperoleh siswa masih di bawah KKM yang telah ditetapkan, yaitu 80. Maka, inovasi pembelajaran menggunakanmodel Pembelajaran Student Team Achievement  Division (STAD) dikombinasikandenganNumbered Heads Together (NHT) dan Alat Peraga Kubus Satuan perlu diadakan untuk mengetahui aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada materi volume bangun ruang.

Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDI Al – Munawarah Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis. Analisis data dihitung berdasarkan indikator ketuntasan yang ditetapkan yaitu dengan nilai ≥80.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaranStudent Team Achievement  Division (STAD) dikombinasikandenganNumbered Heads Together (NHT) dan Alat Peraga Satuan Kubus, pada aktivitas guru telah mencapai indikator keberhasilan dengan kategori sangat baik dan pada aktivitas siswa dinyatakan berhasil mencapai kriteria sangat aktif. Sedangkan pada hasil belajar sudah berhasil mencapai indikator ketuntasan baik secara individual maupun klasikal.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diharapkan guru bisa menjadikan penelitian ini sebagai pilihan alternatif untuk melaksanakan pembelajaran yang lebih bervariasi, menarik, dan menyenangkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI