DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PADA MATERI MENCERITAKAN KEMBALI CERITA FIKSI MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DIKOMBINASIKAN DENGAN THINK PAIRS AND SHARE (TPS) DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS 4 SDN LOKLAHUNG HULU SUNGAI SELATAN
PENGARANG:DEBORA NADIA PUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-11


Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya keterampilan siswa menulis kembali ceriTa fiksi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini disebakan karena pengalaman siswa masih kurang dalam menceritakan kembali cerita fiksi, siswa kurang aktif dan mandiri, dan kegiatan pembelajaran lebih banyak didominasi oleh guru. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta mengetahui peningkatan keterampilan menulis pada materi menceritakan kembali cerita fiksi. Upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Rading and Composition dikombinasikan dengan Think Pairs and Share dan Talking Stick.

Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SDN Loklahung Hulu Sungai Selatan pada siswa kelas 4  dengan jumlah siswa 15 orang tahun ajaran 2018/2019. Jenis data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa, sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis siswa.  Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru telah mencapai skor 34 dengan kriteria sangat baik, aktivitas siswa mencapai 87% dengan kriteria sangat aktif, dan hasil belajar siswa  mencapai ketuntasan dengan persentase 87% dengan nilai rata-rata 78.

Penelitian ini dapat disumpulkan bahwa aktivitas guru, aktivita siswa, dan keterampilan menulis pada materi menceritakan kembali cerita fiksi  menggunakan model Cooperative Integrated Rading and Composition dikombinasikan dengan Think Pairs and Share dan Talking Stick pada siswa kelas 4 SDN Loklahung Hulu Sungai Selatan dapat meningkat.

Disarankan kepada guru hasil penelitian ini sebgai alternatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah dasar khususnya pada materi menceritakan kembali cerita fiksi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI