DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK KONSUMEN PADA PEMBELIAN BARANG SECARA ONLINE (STUDI KASUS PADA KONSUMEN BERSTATUS MAHASISWA PPKN FKIP ULM BANJARMASIN)
PENGARANG:ADE GUSTI PAMA SAPUTRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-11


ABSTRAK

Ade Gusti Pama Saputra, 2019. Perlindungan Hak Konsumen Pada Pembelian Barang Secara Online (Studi Kasus Pada Konsumen Berstatus Mahasiswa PPKn FKIP ULM Banjarmasin). Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Dr. H. Harfani Matnuh, MH, (II) Dian Agus Ruchliadi, M.Pd.

.

Kata Kunci : Perlindungan Konsumen, Hak-hak Konsumen.

Belanja online adalah proses konsumen membeli produk atau jasa pada internet. Belanja online juga disebut dengan istilah perdagangan elektronik (Electronic commerce atau e-commerce). Mahasiswa PPKn FKIP ULM Banjarmasin tidak mendapatkan haknya secara benar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perlindungan hukum hak konsumen atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang dan/atau jasa, perlindungan hukum atas hak konsumen mendapat informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang, mengetahui perlindungan hukum atas hak konsumen untuk didengar pendapat dan keluhannya, dan mengetahui bagaiman prosedur untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian barang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data dipilih secara Purposiv Sampling, dan pengumpulan data dilakukan dengan teknis wawancara dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian yang dipakai adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1)mahasiswa Prodi PPKn FKIP ULM Banjarmasin belum mendapatkan perlindungan hukum dan belum mendapatkan haknya secara benar. (2) Prosedur ganti rugi, pengembalian, atau penggantian akan dilakukan sesuai dengan perjanjian yang disepakati oleh kedua belah pihak.

Berdasarkan hasil penelitian ini kepada pelaku usaha onlineagar dapat memberikan pelayanan terbaiknya kepada konsumen walaupun tidak adanya tatap muka langsung antara pelaku usaha dan konsumen, demi menghindari adanya ketidak puasan antara kedua belah pihak sebaiknya lakukan transaksi melalui platform-platforn e-commerce. Kepada konsumen agar lebih teliti dan memperhitungkan lagi dalam memilih toko online sebelum melakukan transaksi.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI