DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU DENGAN MUATAN IPS MATERI PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL), TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT), DAN TIME TOKEN PADA KELAS IVB SDN SUNGAI ANDAI 3 BANJARMASIN
PENGARANG:MAHATIR NASUHA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-11


Nasuha, Mahatir. 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Kayanya Negeriku dengan muatan IPS Materi Pemanfaatan Sumber Daya Alam untuk Kesejahteraan Masyarakat Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL), Team Games Tournament (TGT), dan Time Token pada Kelas IVB SDN Sungai Andai 3 Banjarmasin.Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Dr. Hj. Asniwati, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Contextual Teaching and Learning (CTL), Team Games Tournament (TGT), Time Token.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS materi pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat pada siswa kelas IVB SDN Sungai Andai 3 Banjarmasin. Hal ini disebabkan oleh sifat egoisme siswa sangat menonjol, adanya pembentukan kelompok secara permanen, pembelajaran kurang menerapkan kegiatan menyenangkan dan menantang. Oleh karena itu, perlu mengkombinasikan model pembelajaran dengan tujuan meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada kelas IVB SDN Sungai Andai 3 Banjarmasin dalam 4 kali pertemuan, dengan jumlah siswa 38 orang. Teknik analisis berupa analisis data kualitatif yang instrumen penelitiannya menggunakan lembar observasi aktivitas guru, siswa, sikap, keterampilan, dan data kuantitatif didapat melalui pengukuran tes tertulis. Keberhasilan dalam penelitian ini dapat dilihat dari ketercapaian indikator ketuntasan yang telah ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pertemuan 1 memperoleh skor 25 meningkat pada pertemuan 4 menjadi 34 dengan kategori Sangat Baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 memperoleh 35% meningkat pada pertemuan 4 menjadi 89,47% dengan kriteria Aktif dan Sangat Aktif. Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 pada aspek kognitif memperoleh 65,79%, aspek afektif 36,84%, aspek psikomotorik 28,95% meningkat pada pertemuan 4 aspek kognitif menjadi 100%, aspek afektif 97,37%, dan aspek psikomotorik 94,74%.

Kesimpulan yang didapat menyatakan bahwa kombinasi model Inquiry Learning, Example Non Example, dan Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas guru sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, dan hasil belajar siswa. Saran bagi guru dan kepala sekolah agar dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu alternatif model pembelajaran dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa, khususnya pada pembelajaran IPS materi pemanfaatan sumber daya alam.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI