DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGURANGI GERAKAN TREMOR PADA ANAK AUTIS DENGAN LATIHAN MENGANCING MENGGUNAKAN MEDIA PEACOCK NEL
PENGARANG:Juwita Mairiska Ramadina, S.Pd
PENERBIT:-
TANGGAL:2017-09-27


Penelitian ini mengemukakan masalah tentang anak Autis yang memiliki tremor atau motorik halus yang rendah, misalnya anak mengalami kesulitan dalam mengancing dan memegang benda. Hal ini disebabkan oleh keterampilan motorik halus anak belum berkembang dengan optimal. Selain itu, anak dalam kegiatan mengancing dan melepaskan masih belum bisa dan masih meminta bantuan orang tua.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media peacock nel dengan latihan mengancing dapat membantu mengurangi tremor pada anak autis,
Jenis penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan penelitian dengan Subyek Tunggal (Single Subject Reserch). Desain yang digunakan adalah desain A-B-A dengan teknik pengumpulan data melalui tes observasi dan dengan menentukan panjang intervensi, arah kecenderungan yang diperkirakan dan untuk menentukan stabilitas, mean level, batas atas dan batas bawah serta persentase stabilitas A-B-A. Subjek dalam penelitian adalah 1 orang anak autis.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan motorik halus anak autis melalui kegiatan latihan mengancing menggunakan media peacock nel yaitu berkurangnya gerakan gemetar pada saat mengancing. Hal ini terbukti dari hasil nilai kemampuan motorik halus pada awal sebelum diberi perlakuan yaitu Am mean level di tahap baseline-1 (A1) yaitu sebesar 19% ada tahap baseline-2 (A2) mean level yaitu sebesar 40%. Maka hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat peningkatan motorik halus atau berkurangnya gerakan gemetar melalui kegiatan latihan mengancing menggunakan media peacock nel dan saran yang diberikan bagi pihak sekolah dan orang tua bisa menggunakan kegiatan latihan mengancing menggunakan media peacock nel sebagai salah satu media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak autis dan dapat membuat suasana pembelajaran yang menarik bagi anak.
Kata Kunci: Gerakan Tremor, Anak Autis, latihan Mengancing peacock nel

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI