DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER (NHT), MAKE A MATCH DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SDN KUIN SELATAN 4 BANJARMASIN
PENGARANG:NOOR DIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-11


ABSTRAK

Diana, Noor. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Number Heads Together (NHT), Make A Match dan Course Review Horay (CRH) Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN Kuin Selatan 4 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D

Kata Kunci: Hasil Belajar, KombinasiNumber Heads Together (NHT), Make A Match dan Course Review Horay (CRH).

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kurang melibatkan diri dalam pembelajaran, siswa kurang bersemangat, masih banyak siswa yang belum bisa membaca dan pembelajaran masih bersifat monoton, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas I SDN Kuin Selatan 4 Banjarmasin pelajaran Ilmu Bahasa Indonesia. Salah satu upaya meningkatkan hasil belajar yaitu melalui kombinasiModel Pembelajaran Number Heads Together(NHT), Make A Match dan Course Review Horay (CRH).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa, aktivitas guruserta untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas I semester genapSDN Kuin Selatan 4 Banjamasin tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa sebanyak  23 siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kritria sangat baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria Kurang aktif, pertemuan II mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan III mencapai kritria aktif, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pada pertemuan I mencapai 39,2%, pertemuan II mencapai 56,5%, pertemuan III mencapai 78,3%, dan pertemuan IV mencapai 91,3%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa menggunakan kombinasikombinasiModel Pembelajaran Number Heads Together(NHT), Make A Match dan Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan hasil belajar. Dan saran yang dikemukakan peneliti agar kombinasikombinasiModel Pembelajaran Number Heads Together(NHT), Make A Match dan Course Review Horay (CRH) dapat menjadi alternative guru memperbaiki pembelajaran dan meningkatan aktivitas siswa serta hasil belajar siswa. Dan hipotesis dapat diterima.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI