DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn Tema Perkembangan Teknologi dengan menggunakan Kombinasi Model Group Investigation, Picture and Picture, dan Make a Match pada Siswa Kelas III SDN Cindai Alus 2 Martapura
PENGARANG:MEYLANI ADITA HIDAYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-12


Hidayah, Meylani Adita. 2019. “Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn Tema Perkembangan Teknologi dengan menggunakan Kombinasi Model Group Investigation, Picture and Picture, dan Make a Match pada Siswa Kelas III SDN Cindai Alus 2 Martapura”.Skripsi Program S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing: Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D

 

Kata-kata kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Perkembangan Teknologi, Model Group Investigation, Picture and Picture, Make a Match.

 

Permasalahan yang terjadi di SDN Cindai Alus 2 adalah rendahnya hasil belajar PKn pada tema perkembangan teknologi di kelas III. Berdasarkan data hasil belajar siswa tema perkembangan teknologi tahun ajaran 2017/2018 ketuntasannya hanya mencapai 47% dari jumlah 30 siswa. Hal ini disebabkan kurangnya keaktifan dan partisipasi siswa dalam mengikuti pembelajaran, oleh karena itu peneliti menggunakan kombinasi model Group Investigation, Picture and Picture, dan make a match untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui aktivitas guru dan meningkatkan aktivitas serta hasil belajar siswa.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Setting penelitian dilakukan di kelas III SDN Cindai Alus 2 tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 28 orang yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang diambil menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi untuk aktivitas guru dan siswa serta data kuantitatif yang diambil menggunakan teknik tes untuk hasil belajar siswa.

Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan yaitu aktivitas guru mendapatkan skor maksimal dengan kategori sangat baik pada siklus I maupun siklus II, untuk aktivitas siswa pada siklus I mencapai kategori aktif dan siklus II berada pada kategori sangat aktif. Hasil belajar siswa memenuhi kriteria ketuntasan yang telah ditetapkan yaitu 80% dari jumlah seluruh siswa mendapat nilai 70 dengan ketuntasan klasikal sebesar 92,8% di siklus II.

Berdasarkan hasil dari penelitian yang sudah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa model Group Investigation, Picture and Picture, dan Make a Match dapat meningkatkan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Dengan demikian inovasi strategi pembelajaran serta hasil dalam penelitian tindakan kelas ini dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi guru dalam meningkatkan kualitas belajar mengajar serta sebagai bahan masukan dan informasi bagi kepala sekolah dalam membina kemampuan guru dalam memilih model-model pembelajaran di kelas.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI