DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA UNTUK MENYUSUN KALIMAT SEDERHANA DALAM STRUKTUR LENGKAP MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE DIKOMBINASIKAN DENGAN MODEL TALKING STICK DAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA ANAK KELOMPOK B TK ARRAHMATUL ABADIYYAH BANJARMASIN
PENGARANG:ELVA NURIYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-12


ABSTRAK

 

Nuriyanti , Elva, 2019 “Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Untuk Menyusun Kalimat Sederhana dalam Struktur Lengkap Menggunakan Model Picture And Picture Dikombinasikan Dengan Model Talking Stick dan Number Head Together Pada Anak Kelompok B TK Arrahmatul Abadiyyah Banjarmaasin”. Skripsi program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Dosen Pembimbing Mohammad Dani Wahyudi, S. Pd.I,M.Pd.

 

Kata Kunci : Menyusun Kalimat Sederhana dalam Struktur Lengkap, Model Picture And Picture, Talking Stick, Number Head Together.

 

Permasalahan dalam penelitian ini anak belum mampu khususnya dalam pembelajaran menceritakan pengalaman mereka dengan menggunakan kata ganti seperti aku, saya, dan lain-lain. Hal ini dikarenakan pembelajaran yang masih kurang dipahami anak saat penyampaian materi, anak belum mampu menceritakan pengalaman yang pernah dialami dan kuranya dalam pemberdaharaan kosa kata anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, anak, hasil perkembangan anak dalam menyusun kalimat sederhana dalam struktur lengkap.

Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan 3 kali pertemuan. Indikator keberhasilan ini adalah aktivitas guru mencapai ≥25 dengan kategori sangat baik, aktivitas anak mencapai skor ≥13 dengan kategori sangat aktif, sedangkan secara klasikal  mencapai ≥82% dan hasil perkembangan anak minimal mendapat bintang «««

Hasil penelitian pada setiap pertemuan mengalami peningkatan. Aktivitas guru pertemuan 1 mendapatkan skor 16 dengan kriteria “cukup baik” dan pada pertemuan 3 mendapatkan skor 25 dengan kriteria “sangat baik”. Hasil aktivitas siswa pertemuan 1 memperoleh skor 40% dengan kriteria “aktif” dan meningkat pada pertemuan 3 secara klasikal 86,67% dengan kriteria “sangat aktif”. Dan untuk hasil perkembangan bahasa pada pertemuan 1 mendapat skor 46,67% dan meningkat pada pertemuan 3 mendapat skor 86,67% atau berkembang sangat baik.

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru Menggunakan Model Picture And Picture Dikombinasikan Dengan Model Talking Stick  dan Number Head Together dapat dijadikan alternatif dalam meningkatkan aktivitas guru, anak dan hasil perkembangan anak dalam menyusun kalimat sederhana dalam struktur lengkap.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI