DIGITAL LIBRARY



JUDUL: MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF DALAM MENGENAL KONSEP SEDERHANA KEHIDUPAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PICTURE AND PICTURE DENGAN SNOWBALL THROWING DAN MEDIA KARTU GAMBAR PADA KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK PUTERA BANGSA BANJARMASIN
PENGARANG:RINA SUSANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-12


Susanti,Rina 2019. Mengembangankan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Konsep Sederhana Kehidupan Menggunakan Kombinasi Model Picture And Picture dengan model Snowball Throwing Dan Media Kartu Gambar Di Kelompok A Taman Kanak-Kanak Putera Bangsa Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Darmiyati, S.Pd, M,Pd.

 

Kata Kunci: Kognitif, konsep sederhana kehidupan, Picture And Picture, Snowball Throwing, Media kartu gambar.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil perkembangan kognitif anak kelompok A dalam mengenal konsep sederhana kehidupan. Hal ini disebabkan rendahnya kemampuan kognitif anak dikarenakan anak kesulitan dalam mengenal konsep sederhana kehidupan, anak pasif atau tidak aktif, serta anak tidak fokus dalam memperhatikan. Untuk mengatasi hal tersebut digunakan kombinasi model picture and picture dengan model snowball throwing dan media kartu gambar. Penelitian ini bertujuan mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan aspek kognitif anak dalam mengenal konsep sederhana kehidupan.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, penelitian ini dilaksanakan dalam empat kali pertemuan. Setting penelitian anak kelompok A TK Putera Bangsa Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Indikator keberhasilan aktivitas guru dikatakan berhasil apabila mencapai kriteria sangat baik dengan skor ≥ 30, aktivitas anak dikatakan berhasil apabila mencapai aktif dan sangat aktif dengan persentase ≥ 80%, dan hasil perkembangan anak minimal 80% dan mendapat nilai (***)  berkembang sesuai harapan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi model picture and picture dengan model snowball throwing dan media kartu gambar dapat meningkatkan aktivitas guru dari memperoleh skor 22 meningkat menjadi 35 pada pertemuan 4 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas anak dari memperoleh 54% meningkat menjadi 93% dengan kriteria sangat aktif dan hasil perkembangan aspek kognitif anak mengalami peningkatan dengan kriteria berkembang sangat baik (****) dengan persentase 93% .

Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini hasil pengembangan anak menggunakan kombinasi model picture and picture dengan model snowball throwing dan media kartu gambar telah terlaksana dengan baik, sehingga berdampak pada peningkatan aktivitas dan hasil pengembangan anak. Disarankan guru hendaknya lebih terampil menggunakan model dan metode pembelajaran yang bervariatif, sehingga anak dapat termotivasi dalam kegiatan belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI