DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN PENGEMBANGAN BAHASA DALAM MELANJUTKAN SEBAGIAN CERITA/DONGENG YANG TELAH DIPERDENGARKAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PICTURE AND PICTURE, TALKING STICK, DAN METODE BERCAKAP-CAKAP ANAK KELOMPOK B DI TK ASMAUL HUSNA BANJARMASIN
PENGARANG:F ITRIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-12


ABSTRAK

 

Fitriana, 2019. Mengembangkan Aspek Bahasa Dalam Melanjutkan Sebagian Cerita/Dongeng Yang Telah Diperdengarkan Menggunakan Kombinasi Model Picture And Picture, Talking Stick, dan Metode Bercakap-Cakap Anak Kelompok B Di Tk Asmaul Husna Banjarmasin. Skripsi Program S1 PG-PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs. Mahmuddin, M.Pd.

 

Kata Kunci: Bahasa, cerita/dongeng yang telah didengarkan, model Picture And Picture, Talking Stick dan metode Bercakap-cakap.

 

Permasalahan dalam penelitian ini masalahnya aspek bahasa anak dalam melanjutkan  cerita/dongeng yang telah didengar sebelumnya, bercerita tentang gambar yang disediakan dan mendengarkan dan menceritakan kembali cerita secara urut, hal ini disebabkan pembelajaran yang diberikan kurang bervariasi dan menarik. Oleh karena itu peneliti melaksanakan strategi pengembangan kemampuan anak dalam melanjutkan sebagian cerita/dongeng yang telah diperdengarkan menggunakan kombinasi model picture and picture, talking stick, dan metode bercakap-cakap.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tidakan kelas (PTK) dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dilaksanakan sebanyak 4 pertemuan. Sehingga faktor yang diteliti yaitu aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan bahasa anak, dengan indikator keberhasilan untuk aktivitas guru yaitu memperoleh skor ≥ 80% dengan kriteria sangat baik dan aktivitas anak yaitu mencapai skor ≥ 80% dengan kriteria sangat aktif serta hasil pengembangan sosial emosioanal  anak secara individu yaitu minimal mendapat bintang  (((()  dan bintang ((((() dan secara klasikal mencapai skor ≥ 80% sudah berkembang.

Hasil penelitian pada setiap pertemuan selalu meningkat. Penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh skor 26 dengan kriteria sangat baik, Aktivitas anak memperoleh nilai 87% dengan kriteria sangat aktif dan  hasil capaian perkembangan bahasa mencapai 87% berhasil berkembang dengan memperoleh bintang 3 (((() berkembang sesuai harapan dan bintang 4 ((((()berkembang sangat baik.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Picture and Picture, Talking Stick, dan Metode Bercakap-Cakap dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak dalam melanjutkan cerita/dongeng yang telah diperdengarkan pada kelompok B TK Asmaul Husna Banjarmasin. Disarankan pada guru agar menggunakan model dan metode ini sebagai bahan kajian atau alternatif dalam mengembangkan kemampuan anak khususnya pada aspek bahasa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI