DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA MENGGUNAKAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DIKOMBINASIKAN DENGAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETATION (AIR) DAN COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS IVC SDN 3 GUNTUNG MANGGIS BANJARBARU
PENGARANG:SRI RIZKIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-12


ABSTRAK

Rizkiani, Sri. 2019.Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada  Materi Statistika Menggunakan Model Realistic Mathematics Education Dikombinasikan dengan Auditory Intellectually Repetation (AIR) dan Course Review Horay pada Siswa Kelas IVC SDN 3 Guntung Manggis Banjarbaru. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. H. Mahlan Asmar, M.Pd

Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Statistika,Realistic Mathematics Education, Auditory Intellectually Repetation (AIR), dan Course Review Horay

Permasalahan dalam   penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada materi statistika,KKM yang ditetapkan disekolah  ≥70 yang mencapai ketuntasan hanya 46% (11 dari 24 siswa). Disebabkan karena siswa kurang terlibat aktif pada proses pembelajaran, kurangnya interaksi sosial siswa, pembelajaran kurang menarik serta kurang bermakna bagi siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut diterapkan melalui kombinasi model pembelajaranRealistic Mathematics Education, Auditory Intellectually Repetation (AIR)dan Course Review Horay. Tujuanpenelitian ini  untuk mengetahui keterlaksanaannya aktivitas guru, aktivitas siswa, dan peningkatan hasil belajar dengan menggunakan kombinasi model tersebut.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan pendekatan penelitiankualitatifdilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVC semester genap SDN 3 Guntung Manggis tahun pelajaran 2018/2019 berjumlah 24 orang. Data kualitatif didapat dari observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu, yang menggunakan analisis data tipe Transformative Mixed Methodes: Descriptive Analysis dan Cross Tabulation Analysis.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru selama 3 pertemuan meningkat dari skor 17 hingga 27. Aktivitas siswa selama 3 pertemuan meningkat dari 52,17% - 91.6% (klasikal). Hasil belajar aspek kognitif pada selama 3 pertemuan meningkat dari 61% - 95,83% (klasikal). Hasil belajar aspek afektif selama 3 pertemuan meningkat dari 73.9% - 100% (klasikal). Dan hasil belajar aspek psikomotorik selama 3 pertemuan meningkat dari 78.3% - 100% (klasikal).

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan aktivitas guru terlaksana sangat baik, aktivitas siswa sudah sangat aktif dan hasil belajar telah mencapai ketuntasan secara individu dan klasikal. Sehingga hipotesis dengan kombinasi modelRealistic Mathematics Education, Auditory Intellectually Repetation (AIR)dan Course Review Horay dapat diterima dan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI