DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENYEBUTKAN LAMBANG BILANGAN 1-10 MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL DIRECT INSTRUCTION, MAKE A MATCH DENGAN MEDIA PAPAN KAIN FLANEL PADA ANAK KELOMPOK B1 TK PGRI KUNTUM MEKAR BANJARMASIN UTARA
PENGARANG:NORMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-12


Normah, 2019. “Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak dalam Menyebutkan Lambang Bilangan 1-10  Menggunakan Kombinasi Model Direct Instruction, Make A Match dengan Media Papan Kain Flanel pada Anak Kelompok B1 Tk PGRI Kuntum Mekar Banjarmasin Utara”. Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Drs. Sunarno, M.Pd.

Kata Kunci : Kognitif, Menyebutkan Lambang Bilangan 1-10, Model Direct Instruction, Make A Match Dengan Media Papan Kain Flanel

Permasalahan dalam penelitian ini rendahnya aspek kognitif anak dalam menyebutkan gambar dengan pasangan yang cocok. Hal ini dikarenakan kurangnya keterlibatan anak dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru, pembelajaran yang guru gunakan bersifat satu arah,media yang digunakan saat proses pembelajaran kurang menarik minat anak, dan pembelajaran yang disampaikan masih belum begitu jelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai aktivitas guru, anak dan hasil perkembangan anak Menyebutkan Lambang Bilangan 1-10  Menggunakan Kombinasi Model Direct Instruction, Make A Match Dengan Media Papan Kain Flanel Pada Anak Kelompok B1 Tk PGRI Kuntum Mekar Banjarmasin Utara.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan 2 siklus 4 kali pertemuan. Penelitian dilaksanakan di TK PGRI Kuntum Mekar Banjarmasin Utarapada kelompok B1 yang berjumlah 14 orang anak, terdiri dari 9 orang anak laki-laki dan 5 orang anak perempuan. Data penelitian diperoleh dari data kuantitatif dan data kualitatif. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas guru mencapai skor ≥ 28 dengan kategori sangat baik aktivitas anak mencapai skor ≥16 dengan kategori sangat aktif sedangkan secara klasikal mencapai ≥82% dan hasil perkembangan anak minimal mendapat bintangêêê (BSH).

Aktivitas guru Siklus I pertemuan 1 dan Pertemuan 2 mencapai kriteria Baik meningkat di Siklus II pertemuan 1 menjadi Sangat Baik. Aktivitas anak secara klasikal Siklus I mencapai kriteria Cukup Aktif dan Aktif meningkat di Siklus II menjadi Sangat Aktif. Hasil perkembangan anak dalam menyebutkan lambang bilagan 1-10 pada Siklus I memperoleh kategori mulai berkembang dan pada Siklus II mendapat kategori berkembang sangat baik.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan Kombinasi Model Direct Instruction, Make A Match Dengan Media Papan Kain Flanel apat meningkatkan aktivitas guru, anak dan hasil perkembangan anak dalam mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan dan hipotesis dapat diterima.

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru dapat menggunakan model Kombinasi Model Direct Instruction, Make A Match Dengan Media Papan Kain Flanel dapat dijadikan alternativ dalam meningkatkan aktivitas guru, anak dan hasil perkembangan anak dalam menyebutkan lambang bilangan 1-10.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI