DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN TEMA 5 SUBTEMA 3 MATERI SIKAP KEPAHLAWANAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT, PROBLEM BASED INSTRUCTION DAN NUMBERED HEADS TOGETHER SISWA KELAS 4 SDN KARANG MEKAR 6 BANJARMASIN
PENGARANG:AKAMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-12


ABSTRAK

 

Akamah, 2019. Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Tema 5 Subtema 3 Materi Sikap Kepahlawanan Dalam Kehidupan Sehari-Harimenggunakan kombinasi model pembelajaranTeams Games Tournament, Problem Based Instruction dan Numbered Heads Together Siswa Kelas 4 SDN Karang Mekar 6 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP ULM Banjarmasin. Pembimbing  M. Dani Wahyudi, S.Pd.I.,M.Pd.

Kata kunci: hasil belajar PPKn, pembelajaran model Teams Games Tournament, Problem Based Instruction, Numbered Heads Together.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PPKn tema 5 subtema 3 siswa kelas 4 SDN Karang Mekar 6. Upaya yang  dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswamenggunakan kombinasi Teams Games Tournament, Problem Based Instruction dan Numbered Heads Together dengan mengubah pembelajaran yang berpusat pada guru kepada pembelajaran yang berpusat kepada siswa. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan  (1) aktivitas guru, (2) aktivitas siswa, dan (3) menganalisis hasil belajar siswa menggunakan kombinasi Teams Games Tournament, Problem Based Instruction dan Numbered Heads Together.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Setting penelitian ini bertempat di SDN Karang Mekar 6  Banjarmasin.  Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 berjumlah 31 orang.  Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan.  Teknik pengumpulan data melalui observasi pengamatan aktivitas guru dan aktivitas siswa, hasil belajar siswa  secara individual secara klasikal. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskripsi.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) Aktivitas guru menggunakan kombinasi model pembelajaranTeams Games Tournament, Problem Based Instruction dan Numbered Heads Togetherdiakhir pertemuan 4 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa kelas 4 SDN Karang Mekar 6 Banjarmasin  menggunakan kombinasi model pembelajaranTeams Games Tournament, Problem Based Instruction dan Numbered Heads Together diakhir pertemuan 4  yaitu 87,10 %  dengan kualifikasi sangat aktif.(3) a) Hasil belajar pada aspek sikap diakhir pertemuan 4 sebanyak  93,55% siswa memiliki sikap rasa ingin tahu, disiplin, toleransi dan santun yang sudah membudaya (SM).  b) Hasil belajar aspek pengetahuan  yaitu ketuntasan belajar siswa  diakhir pertemuan 4 mencapai  93,55%.  c) Hasil belajar pada aspek keterampilan diakhir pertemuan 4 sebanyak  90,32% siswa memiliki keterampilan dalam mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, dan mengkomunikasikan dengan sangat baik. 

Berdasarkan simpulan dan saran yang dapat diberikan: (1) Guru disarankan memanfaatkan hasil penelitian kombinasi Teams Games Tournament, Problem Based Instruction dan Numbered Heads Togetheruntuk meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Kepala sekolah disarankan memanfaatkan  hasil penelitian guna meningkatkan kualitas pembelajaran. (3) Penerapan kombinasi model pembelajaran Teams Games Tournament, Problem Based Instruction dan Numbered Heads Together  ini dapat dikembangkan lebih lanjut untuk peningkatan kualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI