DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN TEMA 5 SUBTEMA 3 MATERI SIKAP KEPAHLAWANAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT, PROBLEM BASED INSTRUCTION DAN NUMBERED HEADS TOGETHER SISWA KELAS 4 SDN KARANG MEKAR 6 BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | AKAMAH | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-11-12 |
ABSTRAK
Akamah, 2019. Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Tema 5 Subtema 3 Materi Sikap Kepahlawanan Dalam Kehidupan Sehari-Harimenggunakan kombinasi model pembelajaranTeams Games Tournament, Problem Based Instruction dan Numbered Heads Together Siswa Kelas 4 SDN Karang Mekar 6 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP ULM Banjarmasin. Pembimbing M. Dani Wahyudi, S.Pd.I.,M.Pd.
Kata kunci: hasil belajar PPKn, pembelajaran model Teams Games Tournament, Problem Based Instruction, Numbered Heads Together.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PPKn tema 5 subtema 3 siswa kelas 4 SDN Karang Mekar 6. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswamenggunakan kombinasi Teams Games Tournament, Problem Based Instruction dan Numbered Heads Together dengan mengubah pembelajaran yang berpusat pada guru kepada pembelajaran yang berpusat kepada siswa. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan (1) aktivitas guru, (2) aktivitas siswa, dan (3) menganalisis hasil belajar siswa menggunakan kombinasi Teams Games Tournament, Problem Based Instruction dan Numbered Heads Together.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Setting penelitian ini bertempat di SDN Karang Mekar 6 Banjarmasin. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 berjumlah 31 orang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data melalui observasi pengamatan aktivitas guru dan aktivitas siswa, hasil belajar siswa secara individual secara klasikal. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskripsi.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Aktivitas guru menggunakan kombinasi model pembelajaranTeams Games Tournament, Problem Based Instruction dan Numbered Heads Togetherdiakhir pertemuan 4 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa kelas 4 SDN Karang Mekar 6 Banjarmasin menggunakan kombinasi model pembelajaranTeams Games Tournament, Problem Based Instruction dan Numbered Heads Together diakhir pertemuan 4 yaitu 87,10 % dengan kualifikasi sangat aktif.(3) a) Hasil belajar pada aspek sikap diakhir pertemuan 4 sebanyak 93,55% siswa memiliki sikap rasa ingin tahu, disiplin, toleransi dan santun yang sudah membudaya (SM). b) Hasil belajar aspek pengetahuan yaitu ketuntasan belajar siswa diakhir pertemuan 4 mencapai 93,55%. c) Hasil belajar pada aspek keterampilan diakhir pertemuan 4 sebanyak 90,32% siswa memiliki keterampilan dalam mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, dan mengkomunikasikan dengan sangat baik.
Berdasarkan simpulan dan saran yang dapat diberikan: (1) Guru disarankan memanfaatkan hasil penelitian kombinasi Teams Games Tournament, Problem Based Instruction dan Numbered Heads Togetheruntuk meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Kepala sekolah disarankan memanfaatkan hasil penelitian guna meningkatkan kualitas pembelajaran. (3) Penerapan kombinasi model pembelajaran Teams Games Tournament, Problem Based Instruction dan Numbered Heads Together ini dapat dikembangkan lebih lanjut untuk peningkatan kualitas pembelajaran.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI