DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERILAKU PEMILIH PEMULA DALAM PEMILIHAN PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN SERTA PEMILIHAN BADAN LEGISLATIF PADA PEMILU TAHUN 2019 DI DESA KERTA BUWANA KECAMATAN SUNGAI LOBAN KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:I GEDE ARTA DHARMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-12


ABSTRAK
 
            I GEDE ARTA DHARMA, NIM D1B115213, Perilaku Pemilih Pemula Dalam Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Serta Pemilihan Badan Legislatif Pada Pemilu Tahun 2019 di Desa Kerta Buwana Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu. Dibimbing oleh Dr. Budi Suryadi, S.Sos, M.Si sebagai Dosen pembimbing I dan Bapak Dr. H. Samahuddin M., S.IP.M.Si sebagai Dosen pembimbing II.
            Berdasarkan Latar belakang permasalahan perilaku pemilih pemula di Desa Kerta Buwana dianggap pemilih pemula tidak mempunyai pengalaman politik dan baru pertama kalinya memberikan hak suaranya pada pemilu tahun 2019, sehingga pemilih pemula mudah di pengaruhi atau di intimidasi oleh pihak-pihak LSM dan lembaga-lembaga lainnya.
            Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perilaku pemilih pemula dalam pemilihan Presiden Dan Wakil Presiden serta Pemilihan Badan Legislatif pada pemilu tahun 2019 di Desa Kerta Buwana Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu dilihat dari pendekatan sosiologis, pendekatan, pkisilogis sosial, dan pilihan rasional.
            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif, sumber data berupa hasil wawancara serta arsip dokumen. Teknik Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan kepustakaan. Sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif.
            Hasil penelitian menunjukkan sangat tingginya pilihan rasional pemilih pemula di Desa Kerta Buwana Kecamatan Sungai Kabupaten Tanah Bumbu pada pemilu tahun 2019. Dari hasil wawancara yang di lakukan karena hampir semua pemilih pemula memilih berdasarkan kinerja pemerintah atau calon kandidat yang akan dipilih,program pemerintah yang sudah dirasakan oleh pemilih pemula serta masyarakat sekitar. Salah satunya ialah bantuan masyarakat yang kurang mampu dengan  program kartu Keluarga Harapan (PKH) dan program kartu Simpanan Pelajar (SIMPEL) bagi pemilih pemula yang dapat dirasakan sampai sekarang, karena pemilih pemula memilih berdasarkan kinerja sebelumnya atau dimasa lampau.
            Di sarankan agar pemerintah atau lembaga-lembaga lainnya untuk memberikan  sosialisasi dan arahan tentang pandangan demokrasi dan politik pada pemilih pemula atau pemilih muda agar tidak mudah dipengaruhi, sehingga pemilu dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil sesuai dengan Undang-Undang No 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.
 
Kata kunci : Perilaku,pemilih,pemilih pemula, dan Undang-Undang Pemilu.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI