DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Muatan Ilmu Pengetahuan Alam Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning, Quantum Teaching dan Picture And Picture Pada Siswa Kelas Iv Sdn 4 Cempaka Kota Banjarbaru
PENGARANG:WAFAUL AULAD
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-12


ABSTRAK

 

 

Aulad, Wafaul (2019). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan Ilmu Pengetahuan Alam Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning, Quantum Teaching, dan Picture and Picture Pada Siswa Kelas IV SDN 4 Cempaka Kota Banjarbaru. Skripsi Program Guru Pendidikan Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tahun Akademik 2018/2019. Dosen Pembimbing Dr.Sulistiyana.S.Pd,M.Pd.

 

Kata kunci : Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa, Ilmu Pengetahuan Alam, Problem Based Learning, Quantum Teaching, Picture and Picture,

 

Permasalahan yang dihadapi siswa kurang memahami materi pada pembelajaran, sebagian siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran, siswa kurang memiliki minat pada pembelajaranserta rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV SDN 4 Cempaka Kota Banjarbaru. Pemecahan permasalahan dengan menggunakan Kombinasi ModelProblem Based Learning, Quantum Teaching dan Picture and Picture. Dengan tujuan dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Subjek peneelitian ini adalah sisa kelas IV SDN 4 Cempaka Kota Banjarbaru tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 26 orang terdiri dari 11 laki-laki dan 15 perempuan. Data kualitatif didapat dari observasi guru dan observasi siswasedangkan data kuantitatif diperoleh dari melalui tes tertulis secara berkelonpok dan individu. Indikator keberhasilan PTK ini apabila observasi guru mencapai skor 39-48 dengan kriteria sangat baik, aktivitas siswa mencapai skor 82% dengan kriteria sangat aktif serta hasil belajar siswa secara individu mencapai KKM 70 dan ketuntasan klasikal ≥80%.

 

Hasil penelitian ini menjunjukkan bahwa aktivitass guru selama empat pertemuan meningkat dari 71% - 93% (klasikal). Aktivitas siswa selama empat pertemuan meningkat dari 71% - 88% (klasikal). Hasil belajar siswa selama empat pertemuan meningkat dari 73% - 100% (klasikal).

 

Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, aktivitas siswa sudah sangat aktif dan hasil belajar siswa telah mencapai ketuntasan secara individu dan klasikal. Sehingga hipotesis dengan kombinasi modelProblem Based Learning, Quantum Teaching dan Picture and Picture dapat diterima dan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam neningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI