DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MUATAN LUAS GABUNGAN BANGUN DATAR MELALUI KOMBINASI MODEL STUDENT TEAMS ACHEIVMENT DIVISION (STAD), NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) KELAS IV SDN BAWAHAN SELAN 2 KECAMATAN MATARAMAN KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:YUSUF SANTOSO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-12


ABSTRAK

 

Santoso, Yusuf. 2019. Meningkatkan Hasil belajar Matematika Muatan Luas Gabungan Bangun Datar Melalui Kombinasi Model Student  Teams Acheivment Division (STAD), Numbered Heads Together (NHT) dan Teams Games Tournament (TGT) Kelas IV SDN Bawahan  Selan 2 Kecamatan Mataraman Kabupaten BanjarSkripsi Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing : Dr. H. Ahmad Muhyani Rizalie, M.Si

 

Kata Kunci : Hasil Belajar. Luas Gabungan Bangun Datar.. Divisi Pencapain Tim Siswa (STAD), Kepala Bernomor (NHT) dan Turnamen Permainan Tim (TGT)

 

Rendahnya hasil belajar matematika pada materi luas gabungan bangun datar disebabkan karena matematika memerlukan ketelitian dan keuletan siswa dalam menghitung, pada materi Luas Gabungan Bangun Datar. Materi tersebut agak sulit karena siswa harus menghitung dengan teliti agar bisa diselesaikan dengan benar, sehingga hasil belajar rendah dikarenakan banyak siswa yang lemah dalam pembelajaran dikelas, siswa kurang termotivasi dalam belajar dan juga banyak siswa yang mengganggu teman dalam pelajaran. Oleh karena itu, perlu ditambahkan suatu inovasi dalam pembelajaran dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada materi tersebutdengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Acheivment Division (STAD), Numbered Heads Together (NHT) dan Teams Games Tournament (TGT).

Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 siklus dengan setting penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Bawahan Selan 2. Dengan jumlah siswa 17 orang, 14 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Data diperoleh dari lembar observasi pengamatan dan nilai evaluasi hasil belajar siswa melalui tes tertulis. Analisis data yang digunakan berdasarkan perhitungan indicator keberhasilan.

Berdasarkan hasil penelitian ini, penggunaan model pembelajaran modelb Student Teams Acheivment Division (STAD), Numbered Heads Together (NHT) dan Teams Games Tournament (TGT).dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru SDN Bawahan Selan 2 telah terlaksana sesuai dengan harapan dan telah mencapai kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa meningkat pada setiap siklusnya dan mencapai kategori “Sangat Aktif”. Hasil belajar telah mencapai ketuntasan yang diinginkan baik secara individu maupun klasikal

Berdasarkan temuan hasil penelitian ini, disarankan kepada para guru khususnya mata pelajaran Matematika dapat dijadikan sebagai dasar pertimbangan untuk menggunakan model-model pembelajaran Student Teams Acheivment Division (STAD), Numbered Heads Together (NHT) dan Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami pembelajaraan Matematika.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI