DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahum 2010 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil di Kota Muara Teweh (Studi Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara).
PENGARANG:AKHMAD WINALDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-12


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahum 2010 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil di Kota Muara Teweh (Studi Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara). Untuk mengetahui bagaimana Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil di Dinas Pendidikan. 

Penelitian menggunakan 4 indikator yaitu : teori George C. Edward III mengenai implementasi kebijakan, yaitu: komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Penelitian ini mengguanakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara serta dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi peraturan pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil telah berjalan dengan baik namun belum optimal, hal ini dapat dilihat dari 4 indikator, yaitu: komunikasi yang terjalin baik dengan ada sosialiasi kepada ASN guru meskipun tidak menyeluruh, sumber daya yang sudah baik meskipun terdapat staf yang kurang memadai, dan disposisi sikap pelaksana terhadap yang memberikan sanksi jera kepada ASN guru yang kurang Disiplin melakukan pelanggaran, mengenai struktur birokrasi sudah terlaksana baik meski ada beberapa aparatur belum mengetahui Standard Operasional Procedure (SOP), mereka hanya mengacu pada kaitan tentang disiplin.

Saran dari hasil penelitian ini agar Dinas Pendidikan kabupaten Barito Utara lebih menggiatkan lagi sosialisasi yang diharapkan dapat membangun kesadaran ASN guru mengenai pentingnya disiplin kerja, dimana dapat mengurangi pelanggaran Peraturan Pemerintah tersebut. Perlunya peningkatan sumber daya manusia di dinas pendidikan kabupaten barito utara baik dalam kuantitas dan kualitas, untuk menunjang keberhasilan implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

 

Kata kunci: Implementasi, Komunikasi, Sumber daya, Disposisi, Struktur Birokrasi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI