DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASILBELAJAR MATEMATIKA MATERIPENGUKURAN SUDUT MENGGUNAKANKOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN DIRECTINSTRUCTION(DI), TEAM ASSISTED INDIVIDUALLY (TAI)DAN COURSE REVIEW HORRAY(CRH)KELAS 4 SDN TELAWANG 4 BANJARMASIN
PENGARANG:RINA MURTANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-12


Kata kunci: Hasil Belajar, Pengukuran Sudut, Direct Instruction, TeamAssisted IndividuallydanCourse Review Horray.

 

Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran matematika adalah materi pembelajaran yang sulit, pembelajaran satu arah, siswa kurang dapat bekerja sama dalam kelompok, dan proses pembelajaran yang kurang menyenangkan. Upaya yang dilakukan mengatasi permasalahan tersebut menggunakan kombinasi model Direct Instruction (DI),Team Assisted Individually (TAI) dan Course Review Horray (CRH)dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan empat kali pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas IVSDNTelawang 4 Banjarmasin yang berjumlah 34 orang siswa 17 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu.Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.Hasil penelitian pada pembelajaran matematika menggunakan model Direct Instruction, Team Assisted Individually, danCourse Review Horraymenunjukkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan kriteria “Sangat Baik”, aktivitas siswa meningkat dengan kriteria “Sangat Aktif”, dan ketuntasan hasil belajar siswa terjadi peningkatan dan telah memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditentukan.Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa menggunakan kombinasi model Direct Instruction (DI), Team Assisted Individually (TAI) danCourse Review Horray (CRH)dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada materi pengukuransudut. Disarankan agar model ini dapat dijadikan salah satu alternatif dalam upaya memudahkan proses pembelajaran sehingga meningkatkan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI