DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN PADI SAWAH LEBAK DI KECAMATAN BABIRIK KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:M Zaki Fuad
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-12


Judul dalam penelitian ini adalah “Evaluasi Kesesuaian Lahan untuk Tanaman Padi Sawah Lebak di Kecamatan Babirik Kabupaten Hulu Sungai Utara”. Tujuan penelitian ini ada dua, yaitu: Menganalisis karakteristik lahan dan Mengevaluasi kelas kesesuaian lahan untuk tanaman padi sawah lebak di Kecamatan Babirik Kabupaten Hulu Sungai Utara.Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Babirik Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan.

Satuan lahan diperoleh dari hasil overlay peta bentuk lahan, peta penggunaan lahan, peta tanah, dan kemiringan lereng. Populasi dan Sampel penelitian ini adalah 13 satuan lahan dengan luas 77,44 km2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu: metode survey dan observasi untuk menganalisis karakteristik lahan serta metode matching dan scoring untuk menentukan kelas kesesuaian lahan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwakelas kesesuaian lahan berdasarkan hasil metode matching yaitu: cukup sesuai (S2) dan sesuai marginal (S3). Hasil metode scoringyaitu: sangat sesuai (S1). Faktor pembatas pada lahan sawah lebak adalah temperatur, bulan kering, KTK. Temperatur dan bulan kering tidak dapat diperbaiki sedangmasih dapat diperbaiki dengan pemberian pupuk untuk menetralkan keasaman pada tanah.

 

Kata Kunci: Evaluasi kesesuaian lahan, padi sawah lebak, matching, scoring.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI