DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH ARUS KAS OPERASI DAN LABA BERSIH TERHADAP DIVIDEN KAS PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015-2017
PENGARANG:ATIKA LESTARY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-12


Atika Lestary (2019). Pengaruh Arus Kas Operasi dan Laba Bersih Terhadap Dividen Kas Pada Perusahaan Sub Sektor Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015 – 2017. Pembimbing: Muhammad Hudaya, SE, MM, P.hD.

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh arus kas operasi dan laba bersih terhadap dividen kas pada perusahaan subsektor perbankan yang terdaftar BEI periode 2015-2017. Dividen kas sebagai variabel dependen, sedangkan arus kas operasi dan laba bersih sebagai variabel independen. Data yang digunakan merupakan data sekunder dari laporan keuangan dan laporan tahunan.

Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh perusahaan sub sektor Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2015-2017 berjumlah 43 perusahaan. Sehingga ditemukan sebanyak 45 sampel penelitian diperoleh dari teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Regresi Linier Berganda menggunakan software SPSS.

Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel arus kas operasi dan laba bersih berpengaruh positif terhadap dividen kas. Untuk mendapatkan hasil penelitian yang lebih baik, penelitian selanjutnya dapat menambah variabel lain yang memiliki kemungkinan berpengaruh terhadap dividen kas dan menggunakan perusahaan lain selain perbankan.

Kata Kunci: Dividen Kas, Arus Kas Operasi, Laba Bersih.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI