DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBENTUKAN KARAKTER NILAI-NILAI IPS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BANJARMASIN
PENGARANG:ABDURRAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-12


ABSTRAK

Abdurrahman, 2019. Pembentukan Karakter Nilai-Nilai IPS Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banjarmasin. Tesis. Program Studi Pendidkan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Prof. Dr. Dwi Atmono., M.Pd., M.Si (II) Prof. Dr. Rizali Hadi, MM

 

Kata Kunci : Membentuk Karakter Religius

 

Karakter adalah suatau yang dimiliki seseorang sifat yang tercermin dalam perilaku. Proses belajar bertujuan membentuk siswa menjadikan mereka sesuai dengan norma yang berlaku. Perilaku pelajare saat ini suda mulai memprihatinkan dengan perkembangan zaman. Sekolah bertujuan untuk mendidik dan mengarahkan menjadi manusia yang bermanfaat. Nilai karakter harus lebih diperkuat saat proses pembelajaran. Salah satu memperkuat karakter melalui nilai-nilai IPS untuk menjadikan peserta didik yang disiplin dan religius.

Tujuan penelitian untuk mendiskripsikan pembentukan karakter melalui nilai-nilai IPS serta mengiplikasikan dalam kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan kereligiusan dan pemahaman makna sebagai seorang muslim.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Dalam mendapatkan data secara alamiah di lapangan dilakukan dengan beberapa tahap yaitu (obsevasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi).

Hasil penelitian yang didapatkan di lapangan yaitu perilaku dan perkataan siswa masih kurang sopan baik dengan temannya ataupun dengan guru. Nilai karakter pada IPS sudah dilaksanakan dalam bentuk aktivitas (religius). Proses pembetukan karakter yang ada di Madarasah Aliyah Negeri 1 Banjarmasin berlangsung dengan menerapakan nilai-nilai poin sebagai pendisiplinan.

Saran dari penelitian ini adalah perlu adanya kerja sama antara sekolah, orang tua, dan masyarakat sebagai kontrol tindakan dan perkataan siswa Madarasah Aliyah Negeri 1 Banjarmasin. Kotrol merupakan bagian dari filter untuk menyaring tindakan perilaku-perilaku yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku teruma bagi seorang muslim.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI