DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA FIKSI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC), COMPLETE SENTENCE DAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS 4 SDN ALALAK SELATAN 3 BANJARMASIN
PENGARANG:INDA AULIA AZMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-12


ABSTRAK Azmi, Inda Aulia. 2019. Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Cerita Fiksi Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Complete Sentence dan Scramble Pada Siswa Kelas 4 SDN Alalak Selatan 3 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Drs. Mahmuddin, M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar, Keterampilan Membaca Pemahaman, Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Complete Sentence, Scramble, dan Cerita Fiksi. Permasalahan yang terjadi ialah rendahnya keterampilan membaca siswa yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Karena siswa yang cenderung pasif, kurangnya interaksi siswa baik bersama guru atau siswa, kepercayaan diri siswa yang kurang dalam bertanya atau berpendapat, dan kebiasaan siswa belajar dengan sekedar membaca tanpa memahami isi bacaan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka perlunya inovasi dalam pembelajaran dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran CIRC, Complete Sentence dan Scramble. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan dengan jumlah siswa 31 orang yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 19 siswa laki-laki. Teknik analisis data berupa deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini ialah aktivitas guru berhasil apabia nilainya berada pada minimal kriteria sangat baik dengan skor ?24, aktivitas siswa dapat mencapai minimal 80% yang berada pada kriteria sangat aktif serta hasil belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal ?80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru meningkat dengan memperoleh skor yaitu 26 dengan kriteria sangat baik dan peningkatan aktivitas siswa memperoleh 100% dengan kriteria sangat aktif serta pencapaian ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 90,32%. Berdasarkan temuan dari penelitian dapat disimpulkaan bahwa kombinasi model kombinasi model pembelajaran CIRC, Complete Sentence dan Scramble menunjukkan aktivitas guru sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, dan hasil belajar siswa meningkat. Saran bagi kepala sekolah dan guru bahwa hasil penelitian ini sebagai alternatif pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi belajar siswa.
Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI