DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA), THINK TALK WRITE (TTW), DAN MAKE A MATCH PADA KELAS IV SDN ALALAK SELATAN 4 BANJARMASIN
PENGARANG:MAR`ATUS SALEHAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-12


ABSTRAK

Salehah, Mar’atus. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Kombinasi Model DRTA (Direct Reading Thinking Activity), TTW (Think Talk Write) dan Make A Match pada Siswa Kelas 4 SDN Alalak Selatan 4 Banjarmasin”. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan IlmuPendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Drs. H. Khairil Anwar, M.Pd.

 

Kata Kunci : keterampilan membaca pemahaman,DRTA (Direct Reading Thinking Activity), TTW (Think Talk Write), Make A Match.

 

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan karena hasil belajar siswa di kelas 4 SDN Alalak Selatan 4 Banjarmasin dalam membaca pemahaman masih rendah. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil tes dimana siswa belum mencapai KKM (70). Hal ini dikarenakan rendahnya minat belajar, kurangnya pengetahuan dalam kosakata, dan kurangnya interaksi antar siswa. Untuk meningkatkan hasil belajar tersebut, maka peneliti menggunakan kombinasi model DRTA, TTW dan Make A Match.

Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak empat kali pertemuan. Setting penelitian adalah kelas 4 SDN Alalak Selatan 4 Banjarmasin berjumlah siswa 36 siswa, terdiri dari 13 laki-laki dan 23 perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan butir tes untuk hasil belajar dan lembar observasi untuk aktivitas guru dan aktivitas siswa.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada pertemuan 1 mendapatkan skor 13 kategori baik, pada pertemuan 2 skor 14 kategori baik, pada pertemuan 3 skor 16 kategori baik, dan meningkat pada pertemuan 4 dengan skor 19 kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 keaktifan 72,22%, pada pertemuan 2 menjadi 77,78%, pada pertemuan 3 menjadi 86,11% dan meningkat pada pertemuan 4  menjadi 94,44%. Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 ketuntasan 58,33%, pertemuan 2 ketuntasan 72,22%, pertemuan 3  ketuntasan 94,44% dan pertemuan 4 ketuntasan meningkat menjadi 97,22%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penggunaan kombinasi model DRTA, TTW dan Make A Match dapat meningkatkan aktivitas guru dengan sangat baik dan aktivitas siswa dengan sangat aktif, serta meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep membaca pemahaman di kelas 4 SDN Alalak Selatan 4 Banjarmasin.

Sebagai saran, bagi guru di kelas 4 Sekolah Dasar untuk menggunakan kombinasi model DRTA, TTW dan Make A Match sebagai alternatif solusi pemecahan masalah dalam meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI