DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA TEMA LINGKUNGANSAHABAT KITA DENGAN MUATAN IPA MATERI SIKLUS AIR MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION,PAIR CHECKS,DAN NUMBERED HEAD TOGETHERPADASISWA KELAS V SDN 1 PALAM BANJARBARU
PENGARANG:NORMA JUWITA SAPUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-13


Kata Kunci: Hasil Belajar, SiklusAir,Explicit Instruction,Pair Checks,Numbered Head Together

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalahrendahnyaaktivitasbelajar siswa kelas V SDN 1 Palam Banjarbaru pada mata pelajaran IPA materi SiklusAir yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang berlangsung satu arah, kurangnya kegiatan pembelajaran yang melibatkan siswa untuk aktif dan mandiri dalam pembelajaran, dan model pembelajaran kurang bervariasi. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan kombinasi model Explicit Instruction,Pair Checks,dan Numbered Head Together. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatanaktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VSDN 1 Palam Banjarbarutahun ajaran (2018/2019) dengan jumlah siswa 20 orang yang terdiri dari 10siswalaki-lakidan 10siswa perempuan. Penggalian data menggunakan cara observasi baik berupa lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa, dan hasil belajar digali dengan tes tertulis di akhir belajar tiap pertemuan. Indikator keberhasilan yaitu terlaksananya aktivitas guru apabila mencapai kategori “sangat baik”, peningkatan aktivitas siswa apabila mencapai kategori “sangat aktif”, serta tercapainya ketuntasan belajar individual apabila mencapai nilai ≥70 dan secara ketuntasan klasikal apabila ≥ 80% dari jumlahsiswa mencapai nilai ketuntasan ≥ 70.Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru padasiklus Ipertemuan 1mencapai skor rata-rata20,3dan meningkat menjadi30pada siklus II pertemuan 2, sedangkan aktivitas siswa secara klasikal mecapai 45% pada siklus I pertemuan 1 dan meningkat menjadi 90% pada siklus II pertemuan 2. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswapada siklus I pertemuan 1mencapai 45%dan pada siklus II pertemuan 2 meningkat menjadi 100%.Berdasarkan hasil penelitian ini,dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan kombinasi model Explicit Instruction,Pair Checks,dan Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitasguru, aktivitas siswa,dan hasil belajar siswa sehinggahasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pertimbangan dalam memilih model pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI