DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN ASPEK NILAI-NILAI AGAM DAN MORAL DALAM MENGUCAPKAN DOA SEBELUM DAN SESUDAH MELAKUKAN SESUATU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PICTURE AND PICTURE, METODE BERCAKAP-CAKAP DAN MODEL SNOWBALL TRHOWING PADA KELOMPOK A DI TK PUTERA BANGSA BANJARMASIN
PENGARANG:M ARDIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-13


Mardiah, 2019. Mengembangkan Aspek Nilai-Nilai Agama dan Moral Dalam Mengucapkan Doa Sebelum dan Sesudah Melakukan Sesuatu Mengunakan Kombinasi Model Picture-Picture, Metode Bercakap-cakap dan Snowball Trhowing Pada Kelompok A Di TK Putera Bangsa Banjarmasin Barat. Skripsi, Program PG-PAUD FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Pembimbing Dr. Hj. Asniwati, S. Pd., M. Pd

.

Kata Kunci: Nilai Agama, Nilai Moral, Membaca Doa, Model Picture and Picture, Metode Bercakap-cakap, Model Snowball Trhowing. 

 

Permasalahan dalam peneliti ini adalah masih rendahnya pengembangan aspek nilai-nilai agama dan moral anak kelompok A TK Putera Bangsa Banjarmasin Barat pada materi membaca doa sebelum dan sesuadah melakukan sesuatu. Hal ini disebabkan karna anak sulit untuk berkonsentrasi dalam peroses pembelajaran, anak kurang berani mengemukakan pendapatnya secara langsung. Untuk mengatasi hal tersebut maka pembelajaran menggunakan kombinasi model Picture and Pictur, metode bercakap-cakap dan model Snowball Trhowing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil pembelajaran pada aspek nilai-nilai agama dan moral dalam membaca doa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu

Pendekatan penelitian yang  digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan. Setting penelitian anak di kelompok A TK Putera Bangsa Banjarmasin Barat. Tenik penelitian pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara serta penilaian aspek perkembangan nilai-nilai agama dan moral. Indikator keberhasilan aktivitas guru dikatakan berhasil apabila mencapai kriteria baik dan sangat baik, aktivitas anak dikatakan berhasil apabila mencapai aktif dan sangat aktif. Hasil pengembangan anak minimal 80% mendapat nilai ((( dan (((( 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aktivitas guru melakukan pembelajaran dalam tiga kali pertemuan dengan kriteria sangat baik, aktivitas anak meningkat pada pertemuan ketiga dengan hasil sangat aktif dan hasil pengembangan aspek nilai-nilai agama dan moral anak mengalami pengembangan pada pertemuan terakhir.

Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini guru hendaknya mengambil contoh sebagai bahan pertimbangan dalam menggunakan model-model dan metode pembelajaran yang berpariatif, sehingga anak dapat termotivasi dalam kegiatan belajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI