DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION, MIND MAPPING DAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS IV SDN ANJIR SEBERANG PASAR II.1 KECAMATAN ANJIR PASAR KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:SITI HARDIYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-13


Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Anjir Seberang Pasar II.1 Kecamatan Anjir Pasar Kabupaten Barito Kuala terhadap pembelajaran IPS. Masalah dalam penelitian ini adalah Siswa kesulitan dalam menyerap pembelajaran, Siswa masih kurang memahami dan susah dalam mengingat materi pembelajaran dan Siswa merasa jenuh dangan proses pembelajaran yang monoton tidak ada penggunaan model dalam pembelajaran. Upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan Kombinasi Group Investigation,Mind Mapping Dan Snowball Throwing.

Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama empat siklus. Setting penelitian dilakukan di SDN Anjir Seberang Pasar II.1 Kecamatan Anjir Pasar Kabupaten Barito Kuala pada siswa kelas IV dengan jumlah siswa 12 orang tahun ajaran 2018/2019. Penelitian dilakukan pada pelajaran IPS Tema daerah Tempat Tinggalku. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif berupa observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran serta data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentasi dan indikator ketuntasan belajar klasikal yang telahditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Group Investigation, Mind Mapping Dan Snowball Throwing,dapat diketahui aktivitas guru dari siklus I dengan perolehan skor 68,18, siklus II memperoleh skor 79,54, siklus III memperoleh Skor 91, pada siklus IV mendapat skor 95. Aktivitas siswa siklus I memperoleh skor 60, pada siklus II memperoleh skor 71, pada siklus III memperoleh skor 77 dan pada siklus IV memperoleh skor 85. Hasil belajar siswa mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan, pada siklus I mencapai 58%, pada siklus II mencapai 75%, pada siklus III mencapai 83% dan pada siklus IV mencapai 92%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan kombinasi Group Investigation, Mind Mapping dan Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi Tema Daerah Tempat Tinggalku. Disarankan kepada guru untuk menggunakan kombinasi Group Investigation, Mind Mapping dan Snowball Throwing dalam menciptakan kegiatan belajar mengajar yang dapat meningkatkan interkasi dan keterlibatan siswa pada kegiatan pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI