DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG IKLIM SEKOLAH DENGAN BELAJAR MANDIRI DI SMPN 1 MARTAPURA TIMUR
PENGARANG:SAIDATUL MAGFIRAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-13


Penyebab rendahnya mutu pendidikan di Indonesia berasal dari faktor internal yang salah satunya kurangnya belajar mandiri pada siswa. Belajar mandiri dalam prosesnya di mana individu mengambil inisiatif dengan atau tanpa bantuan orang lain, dan proses dalam belajar mandiri ini di lakukan dengan menyadari kebutuhan sendiri dalam belajar, mengatur tujuan pribadi, membuat keputusan pada sumber dan strategi belajar dan menilai hasil. Beberapa faktor dari luar individu yang berpengaruh terhadap belajar mandiri siswa salah satunya adalah sekolah, dalam hal ini yaitu iklim sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan persepsi siswa tentang iklim sekolah dengan belajar mandiri di SMPN 1 Martapura Timur. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa di SMPN 1 Martapura Timur dengan sampel sebanyak 144 siswa dengan menggunakan sampling jenuh. Pada penelitian ini menggunakan dua alat ukur yaitu skala persepsi iklim sekolah dan skala belajar mandiri. Analisa data menggunakan korelasi product moment dari Karl Pearson perhitungannya menggunakan bantuan program SPSS. Berdasarkan hasil analisis data di dapatkan hubungan persepsi iklim sekolah dengan belajar mandiri  dengan r = 0,386 dengan nilai signifikan 0,000. Koefisien determinasi menunjukan hubungan persepsi iklim sekolah dengan belajar mandiri sebesar 14,9% sedangkan 85,1% di pengaruhi oleh faktor lain yang tidak di sertakan dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci: Persepsi, Iklim Sekolah, Persepsi Iklim sekolah, Belajar Mandiri

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI