DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEMAMPUAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN GERAK DASAR TARI JARANAN DI KELAS VIIA SMP NEGERI 4 BELAWANG KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:Angga Cahya Setyawan
PENERBIT:PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI DRAMA,TARI, DAN MUSIK
TANGGAL:2018-01-15


Penelitian ini berkenaan dengan Kemampuan Kreativitas Siswa Dalam
Pembelajaran Gerak Dasar Tari Jaranan Di Kelas VIIA SMP Negeri
Banjarmasin
, rumusan masalah adalah Bagaimana kemampuan proses kreativitas
dan kreasi siswa menggali/mengeksplorasi dan menyusun gerak dasar tari jaranan
dalam pembelajaran seni tari dikelas VII A SMP Negeri 4 Belawang Kabupaten
Barito Kuala Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat kemampuan
proses kreativitas dan kreasi siswa menggali/mengeksplorasi dan menyusun gerak
dasar tari jaranan dalam pembelajaran seni tari di kelas VII A SMP Negeri 4
Belawang Kabupaten Barito Kuala. Tujuan penelitian adalah Mendeskripsikan
bagaimana kemampuan berkreativitas dan berkreasi siswa dalam pembelajaran
gerak dasar tari jaranan di kelas VII A SMP Negeri 4 Belawang Kabupaten Barito
Kuala, Mendekripsikan faktor yang mendukung dan penghambat kemampuan
berkreativitas dan berkreasi siswa dalam pembelajaran gerak dasar tari jaranan di
kelas VII A SMP Negeri 4 Belawang Kabupaten Barito Kuala.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan pendekatan penelitian
yang digunakan yaitu kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi lapangan dan tes kepada siswa kelas VIIA SMP Negeri 4 Belawang.
Selain itu, digunakan pula dokumentasi berupa foto yang menjadi bukti fisik yang
mendukung penelitian.
Berdasarkan hasil tes untuk eksplorasi/penggalian gerak 64% cukup kreatif,
kreasi gerak 60% cukup kreatif, situasi belajar 68% cukup kreatif
pemilihan/penentuan gerak 66% cukup kreatif . Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas VIIA dalam pembelajaran gerak
dasar Tari Jaranan mencapai 64.5% dengan hasil rata-rata kelas. Faktor yang
mendukung dan menghambat berasarkan hasil belajar dapat disimpulkan faktor
keluarga menjadi sangat mendukung juga bisa juga menjadi menghambat
kreativitas siswa karena dari beberapa siswa hanya ada 6 siswa yang memiliki
lingkungan keluarga yang berkecimpung dibidang kesenian dan juga memiliki
fasilitas kaset, CD/DVD dan VCD tari jaranan di rumah
Dari pihak keluarga seharusnya dapat mendukung kreativitas siswa dalam
pembelajaran gerak dasar tari. Dengan memberikan fasilitas kaset, CD/DVD dan
VCD tari jaranan di rumah. Agar kreativitas siswa dapat dapat berkembang

 

Kata Kunci : Kemampuan Kreativitas, Pembelajaran, Tari Jaranan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI