DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBELAJARAN IPS PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SMA LUAR BIASA YAYASAN PENDIDIKAN LUAR BIASA BANJARMASIN
PENGARANG:NURHANIDA DAULAY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-13


ABSTRAK

 

Nurhanida Daulay, 2018. Pembelajaran IPS pada Anak Tunagrahita di SMA Luar Biasa Yayasan Pendidikan Luar Biasa Banjarmasin. Pembimbing I Dr. Herry Porda Nugroho Putro, M.Pd dan Pembimbing II Drs. Yusliani Noor, M.Pd.

Kata Kunci : Pembelajaran IPS, Anak Tunagrahita, SMA Luar Biasa Yayasan Pendidikan Luar Biasa Banjarmasin

Berdasarkan kurikulum K13 untuk SMA Luar Biasa C untuk anak tunagrahita bidang studi IPS ditetapkan dengan menggunakan model pembelajaran Tematik. Untuk itu guru harus menguasai dan mampu mengintegrasikan beberapa disiplin ilmu dalam satu tema.

Rumusan masalah dalam penelitian ini 1. Bagaimana perangkat pembelajaran IPS di SMALBYPLB  2. Bagaimana kegiatan pembelajaran IPS pada anak tunagrahita di SMALBYPLB 3. Bagaimana evaluasi pembelajaran IPS pada anak tunagrahita di SMALBYPLB. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pembelajaran IPS pada anak tunagrahita di SMALB YPLB.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sumber data dipilih secara purposive sampling. Keabsahan data diperoleh dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data digunakan dengan langkah: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

      Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran di SMALB YPLB cukup baik, dalam pembelajaran, permasalahan yang dihadapi guru yaitu waktu pembelajaran lebih banyak dihabiskan untuk mengelola kelas, dalam evaluasi batas KKM untuk mata pelajaran IPS adalah 70.

Kesimpulan 1. Perangkat pembelajaran IPS kelas X C Tunagrahita dan X C1 Tunagrahita Sedang SMALB YPLB terdiri dari program tahunan, program semester, silabus dan RPP 2.Kegiatan pembelajaran IPS kelas X C Tunagrahita dan X C1 Tunagahita Sedang SMALBYPLB dalam penyampaian materinya dengan menggunakan metode ceramah, metode tanya jawab dan penugasan. Sumber belajar yang digunakan adalah buku guru anak tunagrahita kelas X, buku lain dan berita yang berkaitan, dan Internet3.Evaluasi di kelas X C Tunagrahita dilakukan secara lisan dan tertulis pada setiap pertemuan, adapun evaluasi di kelas X C1 Tunagrahita Sedang dilakukan dengan lisan saja setiap kali pertemuan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI