DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN HASIL WAWANCARA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DIKOMBINASIKAN DENGAN CO-OP CO-OP DAN SCRAMBLE SISWA KELAS 4 SDN PASAR JATI 2 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:NOR HAFIFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-13


ABSTRAK

 

Hafifah, Nor. 2019. Meningkatkan Keterampilan Menulis Laporan Hasil Wawancara Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write Dikombinasikan dengan Co-op Co-op dan Scramble Siswa Kelas 4 SDN Pasar Jati 2 Kabupaten Banjar. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan, dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs. Mahmuddin, M.Pd.

 

Kata kunci: Keterampilan Menulis, Model Pembelajaran Think Talk Write, Co-op Co-op, dan Scramble.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya keterampilan siswa menulis laporan hasil wawancara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini disebabkan kurangnya kesempatan siswa untuk berlatih, kurangnya minat dan motivasi siswa pada pembelajaran, dan siswa kurang terlibat secara optimal. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write dikombinasikan dengan Co-op Co-op dan Scramble. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan peningkatan keterampilan menulis siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan.  Penelitian ini dilakukan di SDN Pasar Jati 2 Kabupaten Banjar pada siswa kelas 4 dengan jumlah siswa 16 orang tahun ajaran 2018/2019. Jenis data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis siswa, sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa. 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I mencapai kriteria baik dan siklus II mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 mencapai kriteria cukup aktif, siklus I pertemuan 2 mencapai kriteria aktif, siklus II pertemuan 1 mencapai kriteria aktif, dan siklus II pertemuan 2 mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 mencapai 26,67%, siklus I pertemuan 2 mencapai 50%, siklus II pertemuan 1 mencapai 73,33%, dan siklus II pertemuan 2 mencapai 92,30%. 

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pada materi menulis laporan hasil wawancara menggunakan model pembelajaran Think Talk Write dikombinasikan dengan Co-op Co-op dan Scramble siswa kelas 4 SDN Pasar Jati 2 Kabupaten Banjar dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa.

Disarankan kepada guru agar dapat dijadikan bahan kajian atau alternatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar khususnya pada materi menulis laporan hasil wawancara.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI