DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Mengembangkan Kemampuan Kognitif dalam Mengklasifikasikan Benda Berdasarkan Bentuk Warna dan Ukuran menggunakan Kombinasi Metode Pemberian Tugas dan Model Talking Stick Dengan Media Benda Konkret pada Anak Kelompok A PAUD Harapan Kita Kabupaten Banjar
PENGARANG:RUSMA HARTATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-13


ABSTRAK

Hartati, R. 2019. Mengembangkan Kemampuan Kognitif dalam Mengklasifikasikan Benda Berdasarkan Bentuk Warna dan Ukuran menggunakan Kombinasi Metode Pemberian Tugas dan Model Talking Stick Dengan Media Benda Konkret pada Anak Kelompok A PAUD Harapan Kita Kabupaten Banjar. Skripsi Program Strata-1 PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tahun Akademik 2018/2019. Pembimbing: Dr. Noorhapizah, ST, M. Pd

 

Kata kunci :  Kognitif, Klasifikasi, Pemberian Tugas, Talking Stick, Benda Konkret

 

Berdasarkan observasi pendahuluan yang penulis lakukan pada anak kelompok A PAUD Harapan Kita diperoleh gambaran bahwa kemampuan kognitif dalam mengklasifikasi benda berdasarkan bentuk, warna dan ukuran masih belum maksimal. Hal ini disebabkan karena selama pembelajaran berlangsung masih ada anak yang tidak memperhatikan penjelasan dari guru, anak terlihat tidak berminat, kurang antusias dan tidak tertarik seperti ingin segera bermain di luar, selain itu masih banyak anak yang meminta bantuan untuk menyelesaikan tugasnya. Oleh sebab itu perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan metode pemberian tugas dan model talking stick dengan media benda konkret melalui penelitian, dengan tujuan dapat mengembangkankemampuan kognitif dalam mengklasifikasi benda berdasarkan bentuk, warna dan ukuran pada anak kelompok A PAUD Harapan Kita.

Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan 3 kali pertemuan. Pengumpulan data yaitu melalui observasi aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak kelompok A PAUD Harapan Kita yang berjumlah 15 anak. Dengan indikator keberhasilan untuk aktivitas guru 84%-100% (Sangat Baik), aktivitas anak rata-rata kelas 81% hampir seluruh anak aktif, serta perkembangan kemampuan kognitif secara individual dan klasikalmencapai ≥81% mendapat «««.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai 97% dengan kategori sangat baik. Aktivitas anak mencapai 94% (hampir seluruh anak aktif). Untuk hasil kemampuan kognitif dalam mengklasifikasi benda berdasarkan bentuk, warna dan ukuranberhasil berkembang dengan persentase94% anak memperoleh 򮮮.

Dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif dalam mengklasifikasi benda berdasarkan bentuk, warna dan ukuran menggunakan metode pemberian tugas dan model talking stick dengan media benda konkret pada anak kelompok A PAUD Harapan Kitadikatakan berhasil/berkembang. Saran yang diberikan bahwa dengan menggunakan metode pemberian tugas dan model talking stick dengan media benda konkretsalah satu alternatif strategi pembelajaran pada kemampuan kognitif.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI