DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus dalam Menggunting Sesuai Pola menggunakan Model Picture and Picture dikombinasikan dengan Metode Demontrasi dan Metode Pemberian Tugas pada Anak Kelompok B TK Sukamaju Kabupaten Tanah Laut
PENGARANG:SAPRIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-13


ABSTRAK

Saprida. 2019. Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus dalam Menggunting Sesuai Pola menggunakan Model Picture and Picture dikombinasikan dengan Metode Demontrasi dan Metode Pemberian Tugas pada Anak Kelompok B TK Sukamaju Kabupaten Tanah Laut. Skripsi Program Strata-1 PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tahun Akademik 2018/2019. Pembimbing: Dr. Noorhapizah, ST, M. Pd

 

Kata kunci :  Motorik Halus, Menggunting, Picture and Picture, Demonstrasi, Pemberian Tugas

 

Berdasarkan observasi pendahuluan yang penulis lakukan pada anak kelompok B TK Sukamaju Kabupaten Tanah Laut diperoleh gambaran bahwa kemampuan motorik halus dalam menggunting sesuai pola masih belum maksimal. Hal ini disebabkan karena anak berebut untuk minta bantuan, kelas jadi tidak tenang dan tertib karena anak-anak sangat ribut, dan juga anak takut memegang gunting sehingga anak-anak juga banyak yang minta dibantu untuk menggunting danpenggunaan model atau metode pembelajaran yang kurang tepat dalam pengajaran. Oleh sebab itu perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan model  picture and picture dikombinasikan dengan metode demontrasi dan metode pemberian tugas melalui penelitian, dengan tujuan dapat mengembangkankemampuan motorik halus dalam menggunting sesuai pola pada anak kelompok B TK Sukamaju Kabupaten Tanah Laut.

Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan 3 kali pertemuan. Pengumpulan data yaitu melalui observasi aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak kelompok B TK Sukamaju Kabupaten Tanah Laut yang berjumlah 15 anak. Dengan indikator keberhasilan untuk aktivitas guru 84%-100% (Sangat Baik), aktivitas anak rata-rata kelas 81% hampir seluruh anak aktif, serta perkembangan kemampuan motorik halus secara individual dan klasikalmencapai ≥81% mendapat «««.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai 94% dengan kategori sangat baik. Aktivitas anak mencapai 90% (hampir seluruh anak aktif). Untuk hasil kemampuan motorik halus dalam menggunting sesuai polaberhasil berkembang dengan persentase 87% anak memperoleh 򮮮.

Dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik halus dalam menggunting sesuai pola menggunakan model  picture and picture dikombinasikan dengan metode demontrasi dan metode pemberian tugas  pada anak kelompok B TK Sukamaju Kabupaten Tanah Lautdikatakan berhasil/berkembang. Saran yang diberikan bahwa dengan menggunakan model  picture and picture dikombinasikan dengan metode demontrasi dan metode pemberian tugassalah satu alternatif strategi pembelajaran pada kemampuan motorik halus.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI