DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | Pengembangan Nilai Kemandirian Anak Usia Dini ( Studi Multi Situs pada TK Negeri Pembina Rantau dan TK Penerus Bangsa PGRI Kecamatan Tapin Utara Kabupaten Tapin | |
PENGARANG | : | ANTUNG RUSMIATI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-11-13 |
Tujuan penelian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi implementasi, pelaksanaan pembelajaran, nilai-nilai kemandirian yang berhasil dikembangkan, faktor pendukung dan penghambat nilai kemandirian anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan multi situs. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, pengamatan/observasi, dan studi dokumen. Data dianalisis secara individu, kemudian dilakukan analisis data lintas situs. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi implementasi pengembangan nilai kemandirian anak pada TK Negeri Pembina Rantau dan TK Penerus Bangsa PGRI terintegrasi dalam kegiatan pembelajaran melalui pembiasaan yang dilakukan guru di sekolah maupun orang tua di rumah. Pelaksanaan pembelajaran dalam pengembangan nilai kemandirian anak melalui kegiatan harian, kegiatan mingguan, kegiatan bulanan, dan kegiatan tahunan. Nilai-nilai kemandirian anak sudah berhasil dikembangkan dengan baik. Faktor penunjang dalam pengembangan kemandirian anak yaitu dukungan orang tua, lingkungan, sarana dan prasarana, guru yang berkualitas, dan kerjasama dengan pihak luar. Faktor penghambat yaitu orang tua yang kurang mendukung, emosi dan kondisi anak.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI