DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL POLA AB-AB DAN ABC-ABC MENGGUNAKAN VARIASI MODEL RAGAMBASI DENGAN METODE PRAKTIK LANGSUNG DAN METODE PEMBERIAN TUGAS PADA ANAK KELOMPOK A TK AL-QAROMAH PELAIHARI
PENGARANG:NOOR LAILA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-13


ABSTRAK

Laila, N. 2019. Mengembangkan Kemampuan Kognitif dalam Mengenal Pola AB-AB dan ABC-ABC menggunakan Variasi Model RAGAMBASI dengan Metode Praktik Langsung dan Metode Pemberian Tugas pada Anak Kelompok A TK Al-Qaromah Pelaihari. Skripsi Program Strata-1 PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tahun Akademik 2018/2019. Pembimbing: Drs. H. A. Muhyani Rizalie, M.Si

 

Kata kunci :  Kognitif, Pola AB-AB dan ABC-ABC, RAGAMBASI, Praktik Langsung, Pemberian Tugas

 

Berdasarkan observasi pendahuluan yang penulis lakukan pada anak kelompok A TK Al-Qaromah diperoleh gambaran bahwa kemampuan kognitif anak dalam  mengenal pola AB-AB dan ABC-ABC masih belum maksimal. Hal ini disebabkan aktivitas belajar anak yang rendah, anak kesulitan memahami materi yang disampaikan guru dan kurangnya semangat anak untuk mengikuti pembelajaran yang diberikan, sehingga anak cepat bosan mengikuti kegiatan pengembangan. Oleh sebab itu perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan kombinasi model RAGAMBASI dengan metode praktik langsung dan metode pemberian tugas melalui penelitian, dengan tujuan dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak dalam  mengenal pola AB-AB dan ABC-ABC pada anak kelompok A TK Al-Qaromah.

Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan 3siklus. Pengumpulan data yaitu melalui observasi aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak kelompok A TK Al-Qaromah yang berjumlah 15 anak. Dengan indikator keberhasilan untuk aktivitas guru 84%-100% (Sangat Baik), aktivitas anak rata-rata kelas 81% hampir seluruh anak aktif, serta perkembangan kemampuan kognitif secara individual dan klasikalmencapai ≥81% mendapat «««.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai 92% dengan kategori sangat baik. Aktivitas anak mencapai 92% (hampir seluruh anak aktif). Untuk hasil kemampuan kognitif anak dalam  mengenal pola AB-AB dan ABC-ABCberhasil berkembang dengan persentase 85% anak memperoleh ≥«««.

Dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif dalam kegiatan mengenal pola AB-AB dan ABC-ABC menggunakan kombinasi model RAGAMBASI dengan metode praktik langsung dan metode pemberian tugas  pada anak kelompok A TK Al-Qaromahdikatakan berhasil/berkembang. Saran yang diberikan bahwa dengan menggunakan kombinasi model RAGAMBASI dengan metode praktik langsung dan metode pemberian tugas  tugas salah satu alternatif strategi pembelajaran pada kemampuan kognitif.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI