DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS TEKNIK SELF TALK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING PADA SISWA KELAS X JURUSAN BISNIS DARING DAN PEMASARAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD ZAINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-13


Muhammad Zaini. 2015. Efektivitas Teknik Self Talk Untuk Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Pada Siswa Kelas X Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Muhammadiyah 1 Banjaramasin. Pembimbing: (I) Dr. Nina Permata Sari, S.Psi, M.Pd. (II) M. Andri Setiawan, M.Pd

 

Kata kunci: Teknik Self talk, Konseling kelompok, Public speaking.

 

Rendahnya kemampuan public speaking yang dimiliki oleh siswa menengah kejuruan menjadi permasalahan pada saat menjalani program magang. Hal ini dikarenakan kurangnya rasa percaya diri pada siswa untuk memulai suatu pembicaraan dengan seseorang yang baru siswa kenal pada saat menjalani magang di suatu instansi. Selain itu, siswa menengah kejuruan juga dituntut menjadi siswa yang siap kerja nantinya, terutama pada siswa yang mengambil jurusan pemasaran yang berkaitan dengan kemampuan public speaking yang siswa miliki. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran sebelum dan sesudah pemberian teknik self talk terhadapkemampuan public speaking serta untuk mengetahui keefektifitasan teknik self talk untuk meningkatkan kemampuan public speaking pada siswa kelas X Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Muhammadiyah 1 Banjarmasin tahun ajaran 2018/2019 melalui layanan konseling kelompok.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen yang berbentuk intac-group comparison yaitu adanya pembagian dua kelompok penelitian yang terdiri atas kelompok eksperimen (treatment) dan kelompok kontrol. Adapun populasi pada penelitian ini sebanyak 35 siswa dan sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 8 siswa yang di pilih melalui angket skala likert, dengan validitas 0,344 dan reliabilitas 0,935 serta pedoman public speaking sebagai bahan pendukung  dalam penelitian.

 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran sebelum pemberian teknik self talk pada siswa kelas X Jurusan Bisnis Daring dan pemasaran sebesar 59,37% dan gambaran sesudah pemberian teknik self talk pada siswa kelas X Jurusan Bisnis Daringdan pemasaran sebesar 66.09%, serta untuk teknik self talk menunjukan bahwa efektif untuk meningkatkan kemampuan public speaking pada siswa kelas X Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Muhammadiyah 1 Banjarmasin dengan nilai thitung (3,890) > ttabel (2,446) yang berarti hasil H0 ditolak dan Ha diterima. Diharapkan dengan adanya penelitian ini terutama untuk guru BK dapat mengimplementasikan teknik self talk secara inovatif pada siswa meningkatkan kemampuan public speaking pada siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI