DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA DALAM MENYEBUTKAN KELOMPOK GAMBAR YANG MEMILIKI BUNYI/HURUF AWAL YANG SAMA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL RAGAMBASI DAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN MODEL TALKING STICK PADA ANAK KELOMPOK B TK AL-QAROMAH PELAIHARI
PENGARANG:JUMIYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-13


ABSTRAK

Jumiyati. 2019. Mengembangkan Kemampuan Bahasa dalam Menyebutkan Kelompok Gambar yang Memiliki Bunyi/Huruf Awal yang Sama menggunakan Kombinasi Model RAGAMBASI dan Model Explicit Instruction dengan Model Talking Stick pada Anak Kelompok B TK Al-Qaromah Pelaihari. Skripsi Program Strata-1 PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tahun Akademik 2019/2020. Pembimbing: Drs. H. A. Muhyani Rizalie, M.Si

 

Kata kunci :  Bahasa, Gambar, RAGAMBASI, Explicit Instruction, Talking Stick

 

Berdasarkan observasi pendahuluan yang penulis lakukan pada anak kelompok B TK Al-Qaromah diperoleh gambaran bahwa kemampuan bahasa dalam menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama masih belum maksimal. Hal ini karena anak kurang berminat dan kurangny aperhatian mereka saat diberi penjelasan. Oleh sebab itu perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan kombinasi model RAGAMBASI dan model explicit instruction dengan model talking stick melalui penelitian, dengan tujuan dapat mengembangkan kemampuan bahasa dalam menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang samapada anak kelompok B TK Al-Qaromah.

Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan 3siklus. Pengumpulan data yaitu melalui observasi aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak kelompok B TK Al-Qaromah yang berjumlah 16 anak. Dengan indikator keberhasilan untuk aktivitas guru dengan kriteriasangat baik, aktivitas anak rata-rata kelas ≥81% hampir seluruh anak aktif, serta perkembangan kemampuan bahasa secara individual dan klasikal mencapai ≥81% mendapat «««.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai skor 31 dengan kategori sangat baik. Aktivitas anak mencapai 87% (hampir seluruh anak aktif). Untuk hasil kemampuan bahasa dalam menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang samaberhasil berkembang dengan persentase 93% anak memperoleh 򮮮.

Dapat disimpulkan bahwa kemampuan kemampuan bahasa dalam menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama menggunakan kombinasi model RAGAMBASI dan model explicit instruction dengan model talking stick pada anak kelompok B TK Al-Qaromahdikatakan berhasil/berkembang. Saran yang diberikan bahwa dengan menggunakan kombinasi model RAGAMBASI dan model explicit instruction dengan model talking stick  tugas salah satu alternatif strategi pembelajaran pada kemampuan bahasa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI