DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS ISI IKLAN MENGGUNAKAN MODELPEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DIKOMBINASIKAN DENGAN THINK PAIR SHAREDAN TALKING STICKSISWA KELAS 5SDNPASAR JATI 2 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:RATNANDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-14


Kata kunci: Menulis Isi Iklan, Model Think Talk Write,Think Pair Share, dan Talking Stick.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnyapenguasaan siswa mengenai menulis isi iklan, kurangnya minat dan motivasi siswa pada pembelajaranmenulis, siswa merasa kurang tertarik dengan pembelajaran materi menulis isi iklan karena kurangnya keterampilan siswa dalam menulis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana aktivitas guru, aktivitas siswadan untuk mengidentifikasihasil belajar siswa.Penelitan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di SDN Pasar Jati 2 Kabupaten Banjarpada siswa kelas 5 dengan jumlah siswa 26 orang tahun pelajaran 2018/2019. Jenis data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis siswa, sedangkan data kualitatif diperoleh dengan teknik observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru telah mencapai skor 32dengan kriteria sangat baik, aktivitas siswa dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran mencapai persentase klasikal 89,44% dengan kategori sangat aktif, dan hasil belajar siswa mencapai ketuntasan 95%siswa mendapatkan nilai ≥70.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaaanmodelpembelajaranThink Talk Writedikombinasikan dengan Think Pair Sharedan Talking Stick pada aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan. Disarankan kepada guru, kepala sekolahdan peneliti selanjutnya dapat digunakan sebagai salah satu alternative dalam memilih model-model pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI