DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BEBAS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC), CONCEPT SENTENCE, DAN EXAMPLE NON EXAMPLE PADA SISWA KELAS IVA SDN PEMURUS LUAR 1 BANJARMASIN
PENGARANG:AYU ATIKA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-14


Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC),Concept Sentence, Example Non Example, Puisi Bebas.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswadalam materi menulis puisi bebas muatan Bahasa Indonesia. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran belum berpusat kepada siswa sehingga anak belum mampu berfikir secara kritis, rasional, dan kreatif;siswa kesulitan mengemukakan pendapat atau ide untuk dijadikan sebuah tulisan puisi bebas.Tidak menggunakan model pembelajaran; Menggunakan metode pembelajaran klasikal/ pembelajaransatu arah sehingga siswa mengalami kejenuhan dan bosan pada saat pembelajaran yang berdampak pada hasil siswa yang berada di bawah KKM yang ditetapkan yaitu 70. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas belajar yaitu melalui kombinasi model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Concept Sentence, Dan Example Non Example. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ajtivitas guru, serta peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan kelas(PTK) dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan 2 siklus 4 pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pemurus 1 Banjarmasin. Yaitu pada siswa kelas IVA yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Subjek penelitian adalah siswa kelasIVA Pemurus Luar 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019. Analisis databerupa data kualitatif data kualitatif diperoleh dari data hasil observasi aktivitas guru dan siswa. sedangkan data kuantitatif diperoleh dari evaluasi belajar siswa. indikator keberhasilan apabila telah memenuhi kriteria keberhasilan dan ketuntasan belajar yang telah ditetapkan. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa aktivitasgurupertemuan1 memperoleh skor 27kriteriaBaik, meningkatpadapertemuan 4 menjadi38dengankriteriaSangatBaik. Aktivitas siswajugamengalamipeningkatanpada pertemuan 1 memperoleh65,63% dengan kriteriaCukup Aktifdan meningkat padapertemuan4menjadi93,75%dengankriteriaSangatAktif.Begitupula padahasilbelajarsiswapadapertemuan1memperoleh65,63%danmeningkat padapertemuan 4 menjadi100%.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwakombinasi model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Concept Sentence, Dan Example Non Exampledapat meningkatkan aktivitasdan hasilbelajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI