DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MUATAN BAHASA INDONESIA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) KOMBINASI DENGAN TALKING STICK DAN MEDIA POP-UP BOOK DI KELAS IV SDN TAMBAK BARU ULU MARTAPURA
PENGARANG:SITI HADHI RATINAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-14


Ratinah, Siti Hadhi. 2019. “Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman     pada Muatan Bahasa Indonesia Tema Daerah Tempat Tinggalku         Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading Composition             (CIRC) Kombinasi Talking Stick dan Media Pop-Up Book di Kelas IV       SDN Tambak Baru Ulu Martapura”. Skripsi program S-1 Pendidikan         Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas                  Lambung Mangkurat.  Pembimbing Prof. Drs. H. Rustam Effendi,   M.Pd,Ph.D.

Kata Kunci : Membaca Pemahaman, Model Pembelajaran   Cooperative                    Integrated Reading Composition (CIRC), Talking Stick, Media                              Pop-Up Book

 

            Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa kelas 4 SDN Tambak Baru Ulu Martapura. Hal ini disebabkan pembelajaran hanya satu arah. Pembelajaran tidak menggunakan model yang dapat meningkatkan partisipasi siswa. Sehingga pembelajaran kurang efektif. Hal ini akan diperbaiki dengan Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) Kombinasi dengan Talking Stick dan Media Pop-Up Book. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar.

            Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus 2 kali pertemuan. Subjek penelitan Penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Tambak Baru Ulu Martapura tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa 15 orang. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari observasi akktivitas guru dan aktivitas siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

            Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan sangat aktif. Ketuntasan hasil belajar secara individual dan klasikal mencapai 87%.

            Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) Kombinasi dengan Talking Stick dan Media Pop-Up Book dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi membaca cerita fiksi di kelas IV SDN Tambak Baru Ulu Martapura, sehingga dapat disarankan kepada guru untuk dijadikan salah satu pertimbangan dalam memilih strategi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI