DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN ASPEK MOTORIK HALUS DALAM MENEMPEL MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL EXPLICIT INSTRUCTION DAN METODE PEMBERIAN TUGAS DENGAN TEKNIK KOLASE PADA ANAK KELOMPOK B TK MUTIARA IBU KECAMATAN ALALAK KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:NENCY NORITA SETIAWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-14


ABSTRAK

Setiawan, N. N. 2019. Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus dalam Menempel menggunakan Kombinasi Model Explicit Instruction dan Metode Pemberian Tugas dengan Teknik Kolase pada Anak Kelompok B TK Mutiara Ibu Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala. Skripsi Program Strata-1 PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tahun Akademik 2019/2020. Dosen Pembimbing: Dr. Novitawati, S.Psi., M.Pd

 

Kata kunci :  Motorik Halus, Menempel, Model Explicit Instruction, Metode Pemberian Tugas, Kolase

 

Berdasarkan observasi pendahuluan yang penulis lakukan diperoleh gambaran bahwa kemampuan motorik halus dalam menempel masih belum maksimal pada anak kelompok B TK Mutiara Ibu Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala tahun ajaran 2019/2020, dapat terlihat dari 16 anak hanya 5 anak dengan kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Hal ini disebabkan karena anak kurang fokus dan kurangnya motivasi dalam memperhatikan guru. Oleh sebab itu perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan kombinasi model explicit instruction dan metode pemberian tugas dengan teknik kolase, dengan tujuan dapat mengembangkan kemaampuan motorik halus dalam menempel pada anak kelompok B TK Mutiara Ibu Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala.

Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan 3 siklus. Pengumpulan data yaitu melaui observasi aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak kelompok B TK Mutiara Ibu Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kualayang berjumlah 16 orang anak.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai 97% dengan kategori sangat baik. Aktivitas anak mencapai 88% (hampir seluruh anak aktif). Untuk hasil kemampuan motorik halus dalam menempel berhasil/berkembang dengan persentase94% anak memperoleh «««.

Dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik halus dalam menempel menggunakan kombinasi model explicit instruction dan metode pemberian tugas dengan teknik kolase pada anak kelompok kelompok B TK Mutiara Ibu Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala dikatakan berhasil/berkembang. Saran yang diberikan bahwa dengan menggunakan kombinasi model explicit instruction dan metode pemberian tugas dengan teknik kolase salah satu alternatif strategi pembelajaran pada kemampuan motorik halus.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI