DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA DALAM MELANJUTKAN SEBAGIAN CERITA/DONGENG YANG TELAH DIPERDENGARKAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TANYA JAWAB, METODE STORY TELLING DAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA ANAK KELOMPOK B TK GEMBIRA KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:NOVI ARIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-14


ABSTRAK

 

Ariani, N. 2019. Mengembangkan Kemampuan Bahasa dalam Melanjutkan Sebagian Cerita/Dongeng yang telah diperdengarkandengan menggunakan Metode Tanya Jawab, Metode Story Telling dan Media Boneka Tangan pada Anak Kelompok B TK Gembira Kabupaten Banjar. Skripsi Program Strata-1 PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tahun Akademik 2019/2020. Pembimbing: Dr. H. Metroyadi, S.H., M.Pd

 

Kata kunci :  Bahasa, Tanya Jawab, Story Telling, Boneka Tangan

 

Berdasarkan observasi pendahuluan yang penulis lakukan pada anak kelompok B TK Gembira Kabupaten Banjar diperoleh gambaran bahwa kemampuan bahasa dalam melanjutkan sebagian cerita/dongeng yang telah diperdengarkan masih belum maksimal. Hal ini disebabkan anak kurang fokus, anak malu untuk menceritakan apa yang ada didalam pikirannya, anak belum mampu bercerita dengan kalimat yang benar, anak kurang memperhatikan guru dan anak-anak terkesan sulit memahami kalimat yang disampaikan oleh guru sehingga banyak anak yang terkesan sulit bercerita dengan baik dan lancar. Oleh sebab itu perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan metode tanya jawab, metode story telling dan media boneka tangan melalui penelitian, dengan tujuan dapat mengembangkan kemampuan bahasa dalam melanjutkan sebagian cerita/dongeng yang telah diperdengarkan pada anak Kelompok B TK Gembira Kabupaten Banjar.

Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan 3 kali pertemuan. Pengumpulan data yaitu melalui observasi aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak Kelompok BT TK Gembira Kabupaten Banjar yang berjumlah 12 orang anak. Dengan indikator keberhasilan untuk aktivitas guru 84%-100% (Sangat Baik), aktivitas anak rata-rata kelas ≥80% Aktif dan Sangat Aktif, serta perkembangan kemampuan bahasa secara individual dan klasikalmencapai ≥80% mendapat «««.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai 94% dengan kategori sangat baik. Aktivitas anak mencapai 92% (hampir seluruh anak aktif). Untuk hasil kemampuan bahasa dalam melanjutkan sebagian cerita/dongeng yang telah diperdengarkan berhasil berkembang dengan persentase 86% anak memperoleh 򮮮.

Dapat disimpulkan bahwa kemampuan bahasa dalam melanjutkan sebagian cerita/dongeng yang telah diperdengarkan menggunakan metode tanya jawab, metode story telling dan media boneka tangan pada anak kelompok B TK Gembira Kabupaten Banjardikatakan berhasil/berkembang. Saran yang diberikan bahwa dengan menggunakan metode tanya jawab, metode story telling dan media boneka tangan salah satu alternatif strategi pembelajaran pada kemampuan bahasa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI