DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS (MENGGUNTING SESUAI DENGAN POLA) MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRANSI DAN METODE PRAKTIK LANGSUNG DENGAN MEDIA KAIN PERCA PADA ANAK KELOMPOK B PAUD GEMBIRA KECAMATAN SUNGAI TABUK KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:RESTIN ERVIATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-14


ABSTRAK

Erviati, R. 2019. Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus (Menggunting Sesuai dengan Pola) Menggunakan Metode Demonstransi dan Metode Praktik Langsung dengan Media Kain Perca pada Anak Kelompok B PAUD Gembira Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar. Skripsi Program Strata-1 PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tahun Akademik 2019/2020. Dosen Pembimbing: Drs. H. Mahlan Asmar, M.Pd

 

Kata kunci :  Motorik Halus, Menggunting, Metode Demonstrasi, Metode Praktik Langsung, Kain Perca

 

Berdasarkan observasi pendahuluan yang penulis lakukan diperoleh gambaran bahwa kemampuan motorik halus (menggunting sesuai dengan pola) masih belum maksimal pada anak kelompok B PAUD Gembira Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar. Hal ini disebabkan karena jika ada kegiatan menggunting sesuai dengan pola biasanya anak-anak jadi ribut, mereka berebut untuk minta bantuan Oleh sebab itu perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan metode demonstransi dan metode praktik langsung dengan media kain perca, dengan tujuan dapat mengembangkan kemampuan motorik halus (menggunting sesuai dengan pola) pada anak kelompok B PAUD Gembira Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar.

Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan 3pertemuan. Pengumpulan data yaitu melaui observasi aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak kelompok B PAUD Gembira Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjaryang berjumlah 14 orang anak.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai 96% dengan kategori sangat baik. Aktivitas anak mencapai 93% (hampir seluruh anak aktif). Untuk hasil kemampuan motorik halus (menggunting sesuai dengan pola) berhasil/berkembang dengan persentase86% anak memperoleh «««.

Dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik halus (menggunting sesuai dengan pola)menggunakan metode demonstransi dan metode praktik langsung dengan media kain perca pada anak kelompok kelompok B PAUD Gembira Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar dikatakan berhasil/berkembang. Saran yang diberikan bahwa dengan menggunakan metode demonstransi dan metode praktik langsung dengan media barang bekas salah satu alternatif strategi pembelajaran pada kemampuan motorik halus.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI